Enggan Tergelincir dari Papan Atas

Salah satunya adalah turnamen Habibie Cup yang saat ini menjadi destinasi utama para pemain profesional tanah air. Dari data yang dikumpulkan oleh panitia, setidaknya ada sekitar 50 pemain profesional yang tampil di Piala Presiden lalu itu mengambil bagian dalam even yang akan berlangsung di Parepare Sulawesi Selatan mulai 28 Oktober hingga 11 November itu.

Kalau dari data yang saat ini masuk ke panitia memang sekitar 50 pemain lebih. ”Tapi, kalau mau diteliti sepertinya jumlahnya lebih dari itu,” kata sekretatis panitia Hamran Hamdani. ”Karena ada banyak tim yang juga menggunakan pemain dari luar tapi identitas pemain itu masih disembunyikan,” jelasnya.

Hamran mengungkapkan, dari data awal yang mereka kantongi saat ini, penyebaran pemain profesional itu lebih banyak bertumpu di tim tuan rumah Persepare Parepare. Ada sekitar tujuh pemain yang bersiap menggunakan jersey tim tersebut, seperti Zulham Zamrun, Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Rizky Pellu dan Bio Paulin Piere serta Asri Akbar dan Faturachman.

Sementara tim kedua yang terbanyak menggunakan pemain profesional adalah Sindrap United yang menggunakan jasa Boaz Solossa, Otavio Dutra, Ponaryo Astaman, Firman Utina, Djayusman Triasdi dan Makan Konate dengan pelatihnya adalah Tony-ho. ”Aturannya memang maksimal menggunakan dua pemain asing,” ujar Hamran.

Turnamen yang hanya memperebutkan total hadiah sebesar Rp 200 juta itu diikuti oleh 12 tim lokal dari tiga provinsi di Sulawesi. ”Sulawesi Selatan memiliki peserta terbanyak, yaitu PSM Makasar, Gasma Enrekang, Persipare, Persim Maros, Gasma Enrekang, Persiban Bantaeng, Gaswa Wajo, Sidrap United,Persibone dan Persin Sinjay.

Sementara tiga tim lain masing-masing berasal dari Sulawesi Barat yaitu Pesande Polmas, dan ASA FC, serta Persipal Palu dari Sulawesi Tengah. Turnamen yang dibagi dalam empat grup tersebut akan berlangsung di Stadion Gelora Mandiri Parepare. Seperti yang diketahui, Habibie Cup 2015 adalah edisi ke-26 setelah edisi pertama digelar pada 1990 silam.

Di sisi lain, Zulham Zamrun membenarkan bahwa dia akan berlaga di turnamen Habibie Cup tersebut. ”Turnamen itu hanya berlangsung selama dua minggu, dan saya akan bermain di sana. Tapi, setelah itu saya akan kembali lagi bergabung dengan Persib di Bandung,” ujar pemain terbaik plus top scorer Piala Presiden itu. (ryt/dik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan