Kodam III Siliwangi Gelar Bhakti TNI KB Kes Terpadu

Koramil 0911 Pangalengan, tutur Teddy, sebagai Koramil unggulan. Begitu juga, Kecamatan Pangalengan dan Kabupaten Bandung ini memang terpilih sebagai, daerah unggulan yang mengikuti lomba program KB terpadu se Jawa Barat. Ini berdasarkan hasil penilaian Korem Garut, yang membawahi beberapa Kodim, termasuk Kodim 0609 yang membawahi Koramil Pangalengan.

”Untuk penilaiannya yakni mulai dari administrasi yang dibuat sepanjang tahun pada Mei-Oktober, dan dimulai dari proses perencanaan, persiapan hingga target capaiannya. Dan program ini tidak hanya masalah KB saja, melainkan juga menyangkut penyakit yang berhubungan dengan kehamilai, seperti HIV dan lainnya,” tuturnya.

Dia juga melanjutkan, selain masalah KB dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kehamilan, program KB Terpadu ini juga mencakup ketahanan keluarga. Karena ketahanan keluarga ini menjadi hal yang paling utama. Apalagi, kata dia, kedepan isu kesetaraan gender, di mana istri dan suami memiliki peran yang sama dalam keluarga. Misalnya, dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

”Masalah ketahanan dan kesejahteraan keluarga juga menjadi fokus perhatian kami bersama. Karena ini adalah hal yang penting dalam suatu keluarga,” katanya.

Teddy menjelaskan, dalam pelaksanaanya, pihaknya terus melakukan pemantauan dan penilaian bersama-sama. Sehingga, jika terdapat capaian yang belum maksimal, maka Gubernur yang akan turun langsung menanganinya. Sedangkan untuk di Kabupaten Bandung sendiri, kata dia, respon masyarakat cukup antusias terhadap program yang digulirkan bersama ini.

”Tapi harus diakui memang masih ada sebagian kecil masyarakat yang belum paham. Terutama didaerah yang terpencil, untuk itu kami menerjunkan langsung tim yang terdiri dari Babinsa TNI, Babinkamtibmas dari Polri dan juga petugas dari kecamatan untuk turun langsung ke lapangan,” jelasnya.

Selama ini, ucap Teddy, Posko KB Kes Terpadu ini berada di kantor-kantor Koramil setempat. Namun kedepannya, diharapkan bisa didirikan Posko gabungan. Yang didalamnya terdapat beberapa unsur, yakni TNI, BBKN, BP3KB, Pemerintah Daerah dan lainnya. ”Ke depan diharapkan bisa dibentuk Posko Gabungan, seperti BPBD. Artinya bisa bergerak bersama-sama menuju satu titik,” katanya. (yul/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan