Pemkab Tingkatkan Fasilitas Puskesmas

NGAMPRAH – Untuk memberikan fasilitas layanan kesehatan di setiap puskesmas, Pemkab Bandung Barat tengah membangun dan merehab lima puskesmas. Kelima puskesmas itu Yakni Puskesmas Padalarang, Puskesmas Jayamekar Padalarang, Puskesmas Pasir Langu Cisarua, Puskesmas Sumur Bandung Cililin dan Puskesmas Baru Cikalongwetan.

Puskesmas
HENDRIK KAPARYADI/BANDUNG EKSPRES

DIBANGUN: Dinas Kesehatan tengah melakukan pembangunan Puskesmas Pasir Langu Cisarua agar lebih memadai fasilitas dalam layanan kepada masyarakat, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Pupu Sari Rohayati mengatakan, pembangunan dan rehab puskesmas tersebut dilakukan dalam rangka penyediaan sarana kesehatan bagi masyarakat khusunya yang berada di daerah pelosok. ”Tahun ini dipastikan akan rampung. Kita punya waktu dua bulan jelang akhir tahun. Nanti, semuanya dua lantai, untuk Puskesmas Padalarang nambah 1 ruangan rawat inap (DTP). Sementara, Puskesmas Jayamekar, Pasir Langu, dan Sumur Bandung Cililin itu rehab total. Sedangkan untuk Cikalongwetan itu pembangunan baru,” kata Pupu kepada wartawan di Parongpong, Rabu (7/10).

Adapun nilai anggaran yang digunakan untuk pembangunan dan rehab puskesmas itu rata-rata sebesar Rp800 juta/puskesmas, yang sudah dikerjakan sejak bulan September dan akan selesai pada bulan Desember 2015. ”Kita ingin selesai sesuai target agar masyarakat dapat terlayani,” bebernya.

Pupu menambahkan, saat ini dari 32 puskesmas yang ada di Kabupaten Bandung Barat, hanya dua puskesmas yang belum dilakukan perehaban bangunan. Yakni tinggal Puskesmas Pataruman dan Puskesmas Cipatat. ”Tinggal dua puskesmas lagi yang belum direhab. Mudah-mudahan bisa direhab pada tahun berikutnya,” ungkapnya.

Dengan pembangunan dan rehab puskesmas di tahun 2015 ini, saat ini KBB terdapat 7 puskesmas yang memiliki sarana Dengan Tempat Perawatan (DTP). Yakni Puskesmas Jayagiri, Puskesmas Cikalong Wetan, Puskesmas Rajamandala, Puskesmas Gununghalu, Puskesmas Batujajar, Puskesmas Cililin, dan Puskesmas Saguling.

Sementara untuk, pembangunan rumah sakit baru di Cikalongwetan, saat ini masih dalam tahap perizinan. Dengan nilai anggaran sebesar Rp105 miliar, Bandung Barat memiliki iga rumah sakit yakni di RSUD Cililin, Rumah Sakit Lembang dan Rumah Sakit Cikalongwetan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan