Satuan Lalu Lintas Polres Bandung Gelar Program Polsanak

[tie_list type=”minus”]Ribuan Siswa TK Antusias Naik Patwal[/tie_list]

SOREANG – Mapolres Bandung di Jalan Bhayangkara, Soreang, Kabupaten Bandung mendadak riuh oleh ribuan siswa Taman Kanak-kanak (TK). Mereka rupanya sedang mengikuti program dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bandung, yakni Polisi Sahabat Anak (Polsanak).

Kegembiraan terlihat dari wajah-wajah para siswa TK yang berasal dari 34 sekolah se-Kabupaten Bandung itu. Sebab, mereka bisa bertemu langsung dan bermain bersama dengan para polisi dari Satlantas Polres Bandung.

Kapolres Bandung, AKBP Erwin Kurniawan SIK didampingi Kasat Lantas AKP Eko Munarianto mengatakan, kegiatan Polsanak tersebut digelar untuk menanamkan budaya tertib dalam berlalu lintas kepada anak sejak usia dini. Sebab, anak-anak nantinya diharapkan menjadi pelopor dalam berlalu lintas.

”Mereka diperkenalkan aturan-aturan mendasar dalam berlalu lintas yang baik. Program ini kami lakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Sebab, anak-anak inilah yang nantinya akan tumbuh dan berkembang menjadi sosok pribadi yang tertib berlalu lintas,” kata Erwin kemarin (6/10).

Dengan tertib berlalu lintas, tutur Erwin, setidaknya bisa mengurangi permasalahan lalu lintas di wilayah hukum Polres Bandung. Diharapkan, dengan sendirinya permasalahan lalu lintas ini terurai dengan baik.

”Dengan adanya kesadaran dan tertib dalam berlalu lintas, akan menjadi awal untuk kita terhindar dari kejadian-kejadian yang selalu terjadi di jalan raya. Salah satunya kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

Dia mengatakan, para siswa TK tersebut selain diberikan pemahaman cara menaati lalu lintas dengan petunjuk rambu-rambunya, kegiatan juga diselingi juga dengan berbagai lomba. Di antaranya lomba mewarnai, baris-berbaris dan yang lainnya.

Hal yang paling mengasyikan bagi anak-anak tersebut, salah satunya diberikan kesempatan untuk bisa menumpangi kendaraan roda dua dan empat yang selalu digunakan kepolisian saat bertugas. Para siswa pun terlihat antusias untuk bisa menumpangi kendaraan kepolisian secara bergiliran mengelilingi halaman Mapolres Bandung.

Bukan hanya itu, banyak anak-anak maupun orang tuanya yang mengajak berfoto bareng dengan Polwan cantik dan anggota Satlantas lainnya.

Selain itu, Erwin pun menjelaskan, tenatang pengendara sepeda motor yang masih di bawah umur dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Menurut Erwin, saat ini memang tidak sedikit siswa yang belum menginjak usia 17 tahun dengan bebasnya mengendarai sepeda motornya ke jalan raya.

Tinggalkan Balasan