Harga BBM dan Bunga Bank Turun

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dirinya akan segera mengkoordinir kementerian maupun Pertamina dan bank BUMN untuk melakukan kalkulasi atas berbagai rencana paket kebijakan ekonomi jilid 3 yang disampaikan presiden. ”Kita pelajari dulu, kalau terbuka kemungkinan turun, akan kita lakukan,” katanya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menambahkan permintaan presiden untuk menghitung kembali kemungkinan penurunan harga BBM semata-mata untuk memenuhi aspirasi publik. Terutama, menurut dia, masyarakat yang masih menunggu apakah harga BBM yang ada saat ini sudah memenuhi aspek efisiensi atau belum.

”Karena itu, nggak ada salahnya dihitung kembali,” kata Pramono, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Saat disinggung dampak penurunan harga BBM terhadap keuangan negara di tengah situasi ekonomi yang sulit sekarang ini, dia juga yakin, kalau permintaan presiden tersebut tidak akan mengganggu. Justru, ada sisi positif yang bisa diraih dengan menghitung ulang penetapan harga BBM. Diantaranya, bisa meningkatkan daya beli masyarakat. ”Jadi justru bagus kan, makanya disuruh hitung lagi,” imbuhnya. (owi/dim/dyn/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan