oleh

Siapkan Perusahaan Akuisisi Saham Freeport

Dalam divestasi itu, dilakukan cara khusus yang merujuk pada kontrak karya pertambangan lain. Tahap pertama, Freeport akan menawarkan saham kepada pemerintah pusat terlebih dulu. Kalau tidak berminat, saham tersebut baru ditawarkan kepada pemerintah daerah. Harga saham mengacu pada replacement cost atau harga wajar sebagai pengganti investasi.

Berapa besaran uang yang harus disiapkan untuk menebus saham 10,64 persen tersebut memang belum diketahui. Karena itu, Rini belum bisa memastikan perusahaan BUMN mana yang diminta mengakuisisi saham tersebut.

Baca Juga:  Khofifah Bertemu Ridwan Kamil, Persiapan Pilpres?

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tidak mau berkomentar soal Freeport. Entah terkait dengan perpanjangan kontrak maupun soal divestasi yang segera dilakukan Freeport. ”Saya no comment dulu ya,” ujar Rizal di kantornya.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin menyatakan, divestasi pada Oktober sudah final. Jadi, pemerintah bisa mendapatkan kepemilikan saham 20 persen tahun ini. Dia memastikan, negara menjadi fokus Freeport untuk mendapatkan saham. ”Pemerintah menjadi prioritas utama,” janjinya. (dim/c22/tia/rie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga