73 Warga Keracunan Hidangan Prasmanan

Kanit Reskrim Polsekta Panyileukan AKP Syahroni membenarkan, puluhan warga keracunan makanan setelah menghadiri khitanan yang diselenggarakan oleh AD di Jalan Sindangsari RT 03 RW 04 Kecamatan Panyileukan. Laporan itu diterima Polsekta Panyileukan sekitar pukul 19.00 WIB pada Minggu malam. ’’Dia mengadakan hajatan di rumahnya dan mengundang warga setempat. Makanannya dimasak sendiri,’’ jelas dia.

Syahroni mengatakan, sebagai bentuk dugaan awal, polisi telah menyita barang bukti berupa sisa makanan yang dihidangkan kepada para korban keracunan. Dengan koordinasi bersama RSUD Ujungberung. ’’Saat ini sampel telah telah dibawa Dinas Kesehatan untuk diperiksa di lab kesehatan,’’ kata Syahroni.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung melakukan analisa terkait adanya keracunan massal yang menimpa warga Sindangsari RT 3 RW, Kelurahan Cipadung Kulon, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. ’’Kita masih melakukan investigasi terkait adanya keracunan makanan yang terjadi di lokasi pesta warga,’’ ujar Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanegara saat dihubungi, kemarin.
Untuk melakukan analisa, dia mengatakan, susah membentuk tim khusus guna penanganan kasus tersebut. Tim melakukan analisa terhadap sumber makanan yang menyebabkan adanya kejadian tersebut. Selain itu, tim lainnya melakukan pendataan kepada korban yang ada di RSUD Ujungberung.
“Ini sumbernya juga di satu tempat, kita pun membuat posko kesehatan dekat rumah para korban. Ini supaya memudahkan mereka yang mengalami sakit ringan biar tertangani,’’ terang dia.
Ahyani mengatakan, keracunan akibat makanan ini bisa diprediksi akan menambah korban. Sehingga, kata dia, bagi warga yang masih mengeluhkan sakit, petugas dinkes akan memberikan penanganan di dekat kediaman warga. ’’Kita berikan norit sama oralit untuk penanganan keluhan ringan,’’ ujar dia.

Ahyani mengatakan, bagi korban yang telah mendapatkan penanganan dan sudah pulang ke rumah diminta untuk tetap menjaga asupan. Terlebih para korban diminta untuk terus minum untuk menghindari dehidrasi. ’’Untuk pemulihan, asupan makanan juga harus dijaga. Pelan-pelan saja, bertahap karena kan saluran pencernaan baru sakit. Makanan juga harus dijaga, kalau bisa makan makanan rumah saja, jangan jajan,’’ papar dia.
Selain itu, lanjut Ahyani, pihaknya mengimbau bagi yang melaksanakan pesta untuk tetap dijaga bahan makanan yang akan disajikan. ’’Bagi masyarakat yang melaksanakan kerumunan yakinkan makanannya diolah ditempat yang bersih dan cari yang ada izinnya,’’ terang dia. (fie/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan