Jabar Juara Umum Popnas

BANDUNG – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII/2015 akhirnya ditutup dengan kemenangan Jawa Barat (Jabar) sebagai juara umum. Dengan memperoleh 58 medali emas, 40 perak, dan 57 perunggu. Total 155 medali.

Posisi kedua disusul oleh DKI Jakarta dengan mengemas 57 medali emas, 40 perak dan 38 perunggu dengan total 136 medali. Sedangkan di posisi ketiga ditempati Jawa Timur (Jatim). Dengan merebut 35 medali emas, 41 perak dan 54 perunggu dengan total 130 medali yang didapat.

Plh Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku, bersyukur sebagai tuan rumah, Jabar bisa dapat meraih juara umum di Popnas XIII. Sangat membanggakan untuk Jawa Barat.

’’Untuk konsep Alhamdulillah sukses dan lancar. Ini suatu puncak prestasi setelah 24 tahun belum pernah dapat. Kini akhirnya Jabar bisa meraih juara umum,’’ ujar Deddy kepada wartawan di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, kemarin (18/9).

Menurut dia, prestasi pelajar yang membanggakan yang harus terus dilestarikan. Serta Ini merupakan momentum untuk Jabar dalam memenangi Popnas XIII.

’’Inilah Popnas yang terbaik seperti apa yang dikatakan Menpora beberapa waktu lalu. Pokoknya selamat untuk para atlet dan semua official panitia yang terlibat dalam kesuksesan acara ini. Selamat berjaya di tanah legenda,’’ jelas dia.

Saat ditanya terkait bonus untuk para atlet ia belum bisa menjawab. ’’Belum diketahui terkait bonus yang akan diberikan untuk atlet yang mendapatkan medali. Nanti kami akan berkordinasi dengan Dispora Jabar dan Koni Jabar,’’ ungkap Deddy.

Dalam upacara penutupan ini juga ditandai dengan penyerahan bendera Popnas dari Jabar sebagai tuan rumah tahun 2015, kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang akan menjadi tuan rumah Popnas XIV/2017 mendatang. Penyerahan diiringi Pentas Sendratari kolaborasi Sunda dan Jawa. Simbol penyerahan pataka itu mengagumkan. Dikemas apik dengan musik kontemporer dan diperkuat dengan teknologi multi media dan multi lighting.

Penutupan Popnas ini juga mengusung konser persahabatan. Memadukan dua kebudayaan Sunda dan Jawa. Serta bintang tamu yang dihadirkan juga merupakan perwakilan dari kedua daerah. Yakni, Melly Mono, mantan personel band She dan penyanyi keroncong Sruti Respati.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan