oleh

Amankan Air Tanah, Sebelum Membangun Bandung Teknopolis

SUMUR BANDUNG – Kawasan Gedebage masuk dataran rendah Kota Bandung. Memerlukan penanganan khusus dari segi drainase atau penampungan air. Kawasan yang kerap digenangi banjir itu, disebut bakal menjadi pusat Pemerintahan baru Kota Bandung versi teknopolis.

Summarecon Bandung
SUHENDRIK/BANDUNG EKSPRES
KAJI BANGUNAN: Meski pun memproyeksikan keuntungan namun Summarecon memastikan tetap memerhatikan aturan pembangunan dari pemerintah.

Namun, sebelum pembangunan dilakukan, baiknya pemerintah melakukan kajian untuk penanganan banjir terlebih dahulu. Hal tersebut diungkapkan Pengamat tata kota dari Institut Tekologi Bandung (ITB) Denny Zulkaidi.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Hadirkan Gerai Pelayanan Publik di Summarecon Bandung

Menurut dia, kawasan Bandung Utara ketika hujan selalu menyumbang air sebanyak 175 meter kubik/ detik ke kawasan Bandung Timur. Karena itu, memerlukan penanganan khusus. Kajian tentang kondisi tersebut sudah dilakukannya sejak 2005 lalu. Saat ini, Denny memprediksi air yang akan mengalir ke kawasan tersebut sebanyak 190 meter kubik/detik.

Pasalnya, pembangunan di kawasan utara sudah berkembang dan mengurangi intensitas resapan air. Hal tersebut otomatis membuat air tidak terkurangi dan langsung terbuang ke kawasan Bandung Timur.

Baca Juga:  Summarecon Lampaui Target Penjualan 2020 di Tengah Pandemi

’’Kalau sekarang mungkin sudah lebih, karena kawasan terbangunnya di kawasan Bandung Utara sudah banyak,’’ jelas dia kepada Bandung Ekspres Senin (7/9).

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga