Pemkot Beli Lahan Pasar Kordon

[tie_list type=”minus”]Diperuntukan RTH Kawasan Bandung Kidul[/tie_list]

Ridwan Kamil Wali Kota Bandung
Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung

“Untuk pasar (kordon, Red) itu, kita sudah sediakan dananya. Hanya belum ada kesepakatan. Kita akan beli tanahnya dan akan dijadikan jalur hijau dan pelebaran jalan.”

 

BANDUNG – Pemkot Bandung akan membeli lahan bangunan Pasar Kordon. Pembelian kawasan tersebut, rencananya akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH) dan pelebaran jalan.

Sementara pasar akan digeser ke lahan milik pemkot yang berlokasi 100 meter dari titik semula. Dengan demikian, kemacetan yang kerap terjadi di terusan Buahbatu yang masuk dalam wilayah Kecamatan Bandung Kidul ini pun diharapkan bisa teratasi dan pasar pun bisa tertata dengan rapi dan lebih representatif.

”Untuk pasar (kordon, Red) itu, kita sudah sediakan dananya. Hanya belum ada kesepakatan. Kita akan beli tanahnya dan akan dijadikan jalur hijau dan pelebaran jalan,” papar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai mengunjungi sejumlah titik di Kecamatan Bandung Kidul dalam program ”Sapa Warga” kemarin (27/8).

”Sehingga daerah kordon full untuk pelebaran pasar,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Pasar Kordon berdiri di atas lahan warga (pribadi). Memang saat ini, di Kota Bandung ada dua pasar tradisional yang menempati lahan milik warga yakni Kordon dan Cigereleng.

Dengan alasan itu, Pemkot Bandung pun berniat membelinya untuk kemudian dijadikan ruang terbuka hijau dan pelebaran jalan.

”Nanti pasarnya pindah ke lahan bekas puskesmas. Jaraknya 100 meteran dari lokasi pasar itu. Tanahnya lumayan besar dan miliki Pemkot Bandung,” paparnya.

Meski sudah ada niat, namun saat ini Pemkot Bandung belum menemui titik temu soal harga jual tanah Pasar Kordon. Sebab, pemilik tanah menginginkan harga dua kali lipat dari harga di pasaran.

”Yang dibeli mah 900 meter, tapi (pemilik, Red) minta dua kali lipat. Intinya, pemkot siap membeli dan melebarkan jalan, tapi harga jual pemilik Kordon masih terlalu tinggi,” tandasnya.

Pembelian tanah, rencanannya akan dilakukan pada tahun ini. Pemkot Bandung telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 300 miliar untuk pembebasan lahan. Anggaran ini tidak hanya dialokasikan untuk pembelian pasar Kordon melainkan untuk pembelian lahan lainnya seperti untuk Rumah Sakit Ujungberung, rumah sakit kebidanan, ibu dan anak dan sebagainnya.

Tinggalkan Balasan