Junjung Tinggi Moralitas Bangsa

Melalui sistem pendidikan nasional, haruslah memiliki visi menjadi manusia yang pancasilais dengan memegang teguh sila Ketuhanan Yang Maha Esa itu menandakan sebagai warga beragama. Sila itu menjadi napas dalam kehidupan kita. Sebab, negara bisa kuat, kalau fondasi dasar pilarnya kuat. ’’Kita mencoba mengadakan sosialisasi empat pilar di sekolah, karena moral anak saat ini dipandang jauh dari nilai dan norma Pancasila. Semangat keagamaan juga hanya sebatas mayoritas bukanlah dituntut untuk melaksanakan sebagai kewajiban, maka dengan sosialisasi kepada siswa SMA ini diharapkan supaya siswa lebih baik,” tegasnya.

Dirinya juga menitahkan, sebagai seorang terdidik harus memiliki rasa saling menghargai, menghormati dalam membangun moralitas bangsa agar semakin maju. ’’Jangan sampai siswa sekarang ini terlibat dengan anggota geng motor. Pemuda tidak saling mencederai atau saling menyakiti,” tukasnya.

Selain itu, pelajar juga mesti dikenalkan dengan demokrasi, di antaranya diarahkan menjadi pemilih yang cerdas serta memilih calon yang baik. ’’Nanti kita akan ada pilkada serentak yang dilaksanakan 9 Desember. Silahkan siswa yang sudah 17 tahun memberikan hak pilihnya dengan diberikan pengetahuan yang baik oleh gurunya. Sebab pelajar juga ikut bertanggung jawab, untuk ikut andil bagian dalam membela masyarakat,” serunya.

Kegiatan yang melibatkan siswa SMA ini akan kembali dilaksanakan. Pasalnya, di tingkat perguruan tinggi juga masyarakat sudah kerap dilangsungkan. Sedangkan, untuk tingkat sekolah menengah, program sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan baru saja diadakan.

Pihak SMAN 1 Pangalengan mengaku senang, karena baru kali ini dikunjungi oleh legislator dari pusat. Saking bahagia, bukan hanya sekolah yang menyambut kedatangan sang legislator, melainkan Kecamatan Pangalengan turut serta di dalamnya.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Pangalengan Saimon menyatakan, bila ajang sosialisasi ini sangat baik, dengan adanya ini diharapkan dapat mengingatkan kembali para siswa sebagai kader penerus bangsa untuk terus mengamalkan nilai Pancasila. (aku/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan