Ribuan Jamaah Salat Istisqo

Seharian kemarin (30/7), memang cuaca Bandung Raya terasa mendung. Tapi, hujan belum juga turun. Artinya, belum bisa menjawab kekeringan yang dialami warga.

Prakirawan Badan Meteorelogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Susiani kepada Bandung Ekspres mengatakan, potensi hujan untuk wilayah Bandung dan sekitarnya belum terlihat, makanya dari Bulan Juli hingga hari ini masih terasa panas.

”Memang sekarang lagi musim kemarau yang panjang. Untuk tiga hari ke depan pun, Kota Bandung hanya akan berawan saja,” pungkas Susi yang diwawancarai di kantor BMKG Bandung, Jalan Cemara, Nomor 66, Bandung.

Menurut dia, meskipun belum ada potensi untuk hujan, diprediksi gerimis kecil bisa saja terjadi. ”Udara saat ini masih panas. Jadi hujan sepertinya belum akan turun untuk saat ini. Gerimis kecil bisa saja terjadi ke depannya,” ucap Susi.

BMKG juga memprediksi hujan akan turun di Kota Bandung sekitar akhir September atau awal Oktober nanti. ”Bulan ini sih belum ada tanda-tandanya. Prakiraannya dari BMKG akhir September nanti sudah memasuki masa peralihan. Kemungkinan hujan di situ bisa terjadi,” bebernya.

Hujan buatan yang dicanangkan Pemprov Jawa Barat, jika dilakukan musim kemarau saat ini menurut BMKG juga belum bisa membuat hujan turun. ”Hujan buatan sebenarnya bukan membuat hujan. Tetapi kerjanya mematangkan awan-awan yang berpotensi hujan dengan menaburi garam. Jika tidak ada awan tersebut tentunya akan sia-sia,” ujar Susi.

Dia menambahkan, sekarang ini hujan buatan seperti itu tentunya tidak akan efektif. Mungkin nanti saat masa peralihan sekitar bulan September atau Oktober barulah bisa membuat hujan cepat turun. (mg15/kha/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan