Tanam Kembali Nilai-Nilai Kasundaan

Tapi bagaimana dia bisa menerangi kalau tidak memiliki sinar?

Yuddy mengatakan, orang sunda itu harus didorong untuk memiliki ilmu dan pengetahuan yang lebih tinggi. Oleh karenanya, salah satu filosofis sunda yang tertanam bahwa harus terus menuntut ilmu atau “nyakola”. Orang sunda tidak boleh puas dengan pengetahuan atau gelar akademik yang dimiliki, harus terus menggali pengetahuan agar dia bisa menerangi dan memberikan penjelasan bagi orang lain. ’’Dia harus menjadi obor di tengah kegelapan,’’ kata Yuddy.

Menurut Yuddy, filosofi seperti ini dalam kehidupan saat ini harus dipahami dan harus dilaksanakan oleh seluruh orang Sunda. Apabila berkomitmen dalam menjalankannya, maka tatanan masyarakat yang gemah ripah loh jinawi, masyarakat yang adil makmur, saling bergotong royong akan terbangun dalam waktu yang sangat cepat.

’’Pada kondisi inilah saya meminta peran seluruh orang Sunda, khususnya keluarga besar saya untuk memberikan dukungan kepada bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam rangka mencapai target-target program pembangunan nasional,’’ kata Yuddy. (hms/tam)

Tinggalkan Balasan