Angka Laka Lantas Cimahi Turun

Pihaknya menyatakan, sejumlah titik trouble spot (jalur macet) di wilayah hukumnya dapat diatasi selama dilangsungkannya operasi ketupat, seperti jalur pertigaan tol Padalarang, Cipatat, dan jalur wisata Lembang dapat diminimalisir tingkat arus kepadatan kendaraannya.

”Dibandingkan operasi ketupat tahun sebelumnya, biasanya hingga pukul 00.00 masih sangat padat tapi sekarang, alhamdulilah bisa kami urai. Itu bisa terlihat dari pukul 00.00 bisa clear kendaraan jadi ada kemajuan sampai 5 jam pengurangan kepadatan arus kendaraan,” jelasnya.

Meski volume kendaraan pada tahun ini cukup mengalami peningkatan, namun pihaknya mengaku arus kendaraan dapat diurai pada saat arus mudik dan balik Lebaran.

Meningkatnya volume kendaraan pada saat arus mudik dan balik lebaran tersebut, dikatakan Dedy, akibat dari telah dibukanya akses tol Cipali yang memudahkan menuju ke lokasi wisata di kabupaten Bandung Barat.

Sehingga masyarakat yang datang dari arah Jakarta dan ingin berwisata ke Bandung Barat tentunya mereka menjadikan jalur Cipali ini dijadikan jalur utama. ”Jadi masyarakat bisa langsung masuk Subang Ciater dan langsung menuju ke Lembang dan Cisarua,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (kasat lantas) Polres Cimahi, AKP Silfia Sukma Rosa menambahkan, dengan penurunan angka kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) selama Operasi Ketupat Lodaya 2015 ini, pihaknya berterima kasih kepada seluruh jajaran Polres Cimahi dan tentunya seluruh warga masyarakat yang telah membantu menyuksekan OLK 2015. ”Alhamdulilah dengan menurunnya angka laka lantas kita dapat memenuhi kriteria khususnya pada OKL,” ucapnya.

Kendati OKL ini sudah selesai dilaksanakan, dilanjutkan Silfia, pihaknya akan tetap melakukan pengamanan terhadap jalur-jalur yang dianggap menjadi trouble spot. Terutama pasca libur Lebaran. ”Untuk Sabtu dan Minggu, jalur wisata kan sudah biasa mengalami kemacetan. Jika harus merekayasa jalur, kita akan lakukan itu,” ujarnya.

Seiring dengan kondisi itu, dia mengimbau kepada masyarakat, agar tetap berhati-hati di jalan, dan selalu mengindahkan intruksi dari pihak kepolisian untuk keselamatan bersama.

”Karena dengan kedisiplinan, insya Allah, kita akan selamat saat berkendara, baik itu yang akan melakukan perjalana jauh atau perjalanan dekat,” pungkasnya. (gat/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan