Mia San Guardiola

Sementara, pada saat laga uji coba melawan AS (10/6) dan laga kualifikasi Euro 2016 kontra Gibraltar 13 Juni lalu hanya ada dua penggawa Bayern tercatat dalam komposisi racikan Joachim Loew. Kedua pemain itu adalah bek Jerome Boateng dan penyerang Mario Goetze.
Nama terakhir diisukan bakal ikutan pergi dari Bayern, bersama dengan Thomas Mueller di dalam antrean. Kondisi itu bisa membuat angka pemain asli Jerman semakin habis, dan sebaliknya pemain-pemain sekompatriot dengan Guardiola bakal bertambah. Saat ini, Bayern sudah punya empat pemain Spanyol, seperti Javi Martinez, Juan Bernat, Xabi Alonso dan Thiago Alcantara.
Ketidakharmonisan hubungan antara Guardiola dengan Schweini disebut-sebut juga ikut berpengaruh di balik keputusan ini. Dalam wawancaranya dengan talkSPORT, salah satu pengamat sepak bola Jerman bernama Raf Honigstein menyayangkan kepergian Schweini ini.
”Schweini itu ibaratnya ikon klub, bersama dengan kapten tim Philipp Lahm. Saya yakin fans Bayern tentu kecewa dengan hengkangnya Schweini. Dia bagaikan representasi dari dua hal, timnas Jerman dan klub dari tanah Bavaria dalam satu dekade terakhir ini,” tutur Honigstein.
Menurutnya, Bayern terlalu percaya dengan Guardiola yang kontraknya bukan termasuk jangka panjang. ”Bayern seperti hanya menampung apa yang diinginkan Guardiola saja, tidak melihat apa yang akan terjadi pada musim-musim berikutnya. Ini beda halnya jika memang Guardiola di sini untuk jangka panjang,” lanjutnya.
Diperkirakan, Mueller akan menjadi korban selanjutnya dari transfer Guardiola dengan dilepas ke United, yang juga menginginkannya. Lalu, untuk Goetze, akan diperebutkan dua klub London, Arsenal dan Chelsea, plus juara Serie A 2014-2015 Juventus. Secara terpisah, CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge mencoba meredam isu tersebut.
Dikutip dari Goal, Rummenigge menegaskan bahwa tidak akan ada lagi pemain Bayern yang akan menyusul Schweini ke United. Atau pun ke klub lainnya. ”Semua pendukung Bayern harus tetap tenang, kami tegaskan bahwa kami tidak akan menjual pemain lagi ke United,” tuturnya.
Tanpa Schweini disebut Direktur Olahraga Bayern, Matthias Sammer tidak akan punya dampak besar. Siapapun pemain yang akan diboyong Bayern sebagai pengganti Schweini nanti, Sammer menilai lini tengah Bayern tetap oke. ”Bagaimana pun juga kami punya tim yang bagus dengan 20 skuat hebat semusim ini,” tegas Sammer. (ren/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan