Jorge Sampaoli Sudah Mulai Diminati

 

KEBERHASILANNYA membawa timnas Cile mengangkat trofi juara Copa America untuk pertama kalinya membuat nama pelatih Jorge Sampaoli langsung melesat. Pelatih yang baru pertama kali menangani La Roja ” julukan timnas Cile ” itu pun diberitakan sudah meramaikan bursa transfer musim panas ini.

Jorge Sampaoli
Jorge Sampaoli

Adalah salah satu media Spanyol, Marca, yang menyebut pelatih berdarah Argentina itu bakal terbang menuju ke benua Eropa. Walaupun tidak disebutkan tim mana yang sudah menyatakan minatnya untuk mendatangkan pelatih berusia 55 tahun itu, Marca menyebut Sampaoli sudah mendekat ke Eropa.

Apabila mengacu durasi kontrak Sampaoli dengan federasi sepak bola Cile ANFP, 2018 nanti akan menjadi tahun terakhir Sampoli membesut Claudio Bravo dkk. Dengan target akhir adalah meloloskan Cile ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Tentunya mempertahankan trofi juara Copa America di AS tahun depan.

Sebagaimana diberitakan di AFP, pelatih kelahiran Santa Fe tersebut tetap menghormati durasi kontraknya. Akan tetapi, dia akan tetap mempertimbangkan setiap peluang yang ada di dalam masa depannya. ”Ada situasi yang membuat saya harus menilai apa yang akan terjadi nanti,” ujarnya.

Tawaran dari Eropa mungkin sudah menjadi peluang menggiurkan bagi Sampaoli. Sebab sepanjang karir melatihnya, dia belum pernah melatih klub di luar Amerika Latin. Paling bagus hanyalah melatih klub papan atas Cile, Universidad de Chile, sebelum menukangi Cile 2012 silam.

Untuk menunggu hingga 2018, bukan jaminan dia akan kembali mendapatkan tawaran dari tim Eropa. “Anda harus melihat semua ini dengan tenang. Di luar kontrak yang ada, ada batasan-batasan kapan saya harus mengatakan ya, dan kapan mengatakan tidak,” tuturnya.

Pihak ANFP diberitakan dalam situs berita EMOL Deportes mementahkan kabar tentang Sampaoli tersebut. Melalui presidennya, Sergio Jadue, ANFP menegaskan bahwa pelatih yang mengawali karir melatihnya di Argentino de Rosario itu tetap berada di balik kemudi Cile hingga tiga tahun ke depan. ”Sampaoli tidak akan kemana-mana,” tegas Jadue.

Satu hal yang membuat ANFP konfiden mempertahankan Sampaoli adalah performa tim Cile di Copa America kemarin. Bukan hanya mempertahankan Sampaoli, Jadue berjanji akan mengagendakan beberapa laga uji coba sebelum kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan tur ke benua lain, bisa ke Eropa atau ke Asia. (ren/mio)

Tinggalkan Balasan