Tetap Pantau Kondisi Fisik Pemain

PELATIH fisik Persib Bandung Yaya Sunarya mengaku tetap sering berkomunikasi dengan para punggawa Maung Bandung untuk membahas kondisi fisik mereka selama menjalani latihan individu di bulan Ramadhan.

Pelatihan Fisik Yaya Sunarnya
Yaya Sunarya, Pelatih Fisik Persib

Yaya menuturkan, meski libur namun beberapa anak asuhnya tidak jarang menghubungi dia untuk sekedar berkonsultasi mengenai rutinitas latihan saat melakukan puasa.

Yaya juga sering mengingatkan Atep dkk mengenai hal-hal positif yang bagus dilakukan selama libur latihan tim melalui grup chating Persib. Libur yang cukup panjang menurutnya bakal mempengaruhi kondisi pemain secara kebugaran.

Oleh sebab itu, inisiatif sebagai pemain profesional dibutuhkan, bagaimana pemain bisa menjaga kondisi, supaya saat kembali merumput di lapangan tidak mengalami penurunan kondisi fisik secara drastis.

”Ada beberapa teman (pemain) yang nanyain program latihan yang dibuat, kadang saya memberi masukan ke grupnya Persib. Hal-hal positif apa saja yang harus dilakukan para pemain dalam jeda libur yang panjang ini,” tuturnya.

Pemain seperti Dias Angga Putra, Dedi Kusnandar dan Rudiyana diakui pelatih fisik jebolan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu sering berkonsultasi tentang kondisi fisik dan menu latihan.

Menurutnya, hal itu sebagai bagian dari inisiatif pemain dengan melakukan konsultasi meski melalui telepon genggam.

”Sempet nanya, yang sering nanya Dias sering nanya dia, untuk latihan fitness dan beberapa program latihan. Tapi ada beberapa pemain lain juga yang sempet nanya secara pribadi, kaya Dedi, Rudiyana kadang mereka mintain tips harus bagaimana,” tuturnya. (smm/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan