Batu Akik Oncom Jadi Primadona

Apalagi berbagai jenis batu akik yang saat ini terkenal pun ternyata bahan batu akik tersebut berasal dari wilayah Bandung Barat seperti Cililin, Gununghalu, Cipatat dan Sindangkerta. Artinya, kata Abubakar, semua kecamatan di KBB memiliki potensi bahan bongkahan bakal batu akik yang bisa dibudidayakan dan menambah nilai jual. ”Dulu batu bongkahan dari wilayah di Bandung Barat dijual perkilo dengan harga murah. Nah sekarang warga sudah mulai membudidayakan sendiri, sehingga nilai jualnya lebih mahal dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang ahli batu oncom, Beni dari By Gemstone Cihampelas, batu oncom asli KBB memiliki kekhasan yang tidak dimiliki batu akik lainnya. Batu oncom pun, kata dia, memiliki banyak varian serta motif yang mengundang decak kagum para pencinta batu akik.

”Salah satu jenis batu oncom dengan kasta tertinggi adalah golden oncom. Selain memiliki warna orange, golden oncom ini juga memiliki bercak-bercak emas di seluruh permukaan batunya. Harganya pun sangat tinggi,” kata Beni.

Mengapa harga golden oncom ini terbilang fantastis dibanding batu oncom lainnya? Menurut Beni, hal tersebut disebabkan karena batu golden oncom terbilang sangat langka dan karena motifnya yang luar biasa cantik. ”Paling yang punya golden oncom ini hanya satu atau dua orang, sangat susah menemukan batu golden dari bongkahan oncom besar sekalipun,” jelasnya.

Dari sisi keindahan, harga maupun kekerasan batu, Beni berani memberikan garansi bila batu golden oncom dan beberapa jenis batu oncom lainnya dapat dikatakan setara dengan batu Pancawarna Garut bahkan berada di atasnya. ”Kita bangga bahwa Bandung Barat memiliki batu yang tidak kalah dengan batu di daerah lain,” pungkasnya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan