Mengejar Juara, Melawan Cedera

[tie_list type=”minus”]Kolombia Terbanyak Kehilangan Pemain [/tie_list]

SANTIAGO – Setahun silam, Kolombia mampu tampil mencengangkan dengan lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2014. Dengan mengacu pada prestasi terakhir tersebut, seharusnya Los Cafeteros ” julukan timnas Kolombia bisa mendapatkan hasil lebih baik di Copa America 2015 ini.

copa america 2015Namun, untuk mendapatkannya, Kolombia harus bekerja ekstra keras. Di Cile, mereka tidak hanya melawan 11 negara lainnya, melainkan juga melawan cedera. Sebab, skuad asuhan Jose Pekerman ini datang ke Copa America dengan komposisi tim yang tereduksi cedera.

Dari lima pemain yang tersingkir sebelum Copa America, empat di antaranya menjadi kekuatan Kolombia di Piala Dunia 2014. Dimulai dari Adrian Ramos dan Abel Aguilar (cedera engkel), lalu Juan Fernando Quintero (cedera lutut) dan kemudian Freddy Guarin (cedera hamstring). Satu lainnya non skuad Piala Dunia, Daniel Bocanegra.

Sebagai gantinya, beberapa nama pun dimasukkan, termasuk kembali turunnya Radamel Falcao Garcia. Lini tengah ditambal dengan adanya Edwin Valencia dan Edwin Cardona. Lalu, ada juga pemain muda Sampdoria Luis Muriel yang dipanggil untuk memperkuat Kolombia.

Salah satu pemain andalan Kolombia, David Ospina tetap konfiden dengan peluang tim yang dibelanya di Cile nanti. ”Sekalipun untuk tahun ini kami diterpa badai cedera, dari sisi keutuhan tim kami sudah kompak seperti di Piala Dunia 2014 lalu,” ujarnya, kepada La Tercera.

Dia berkaca dengan apa yang terjadi pada Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu mereka tampil tidak dengan kekuatan penuh, termasuk tanpa Falcao yang terkena cedera lutut. Secara pengalaman, Kolombia tahun ini sudah punya modal untuk mengatasi badai cedera kali ini.

”Di Brasil kami sudah bisa menunjukkan bahwa Kolombia bisa mengalahkan siapapun, dan sekarang kami datang ke Cile dengan penuh opsi dan mentalitas tinggi bahwa kami bisa menjadi juara Copa America,” koar penjaga gawang yang menjadi andalan Arsenal musim ini.

Kondisi yang nyaris sama juga didapatkan Carlos Dunga, pelatih Brasil. Beberapa saat sebelum dia mengumumkan daftar skuadnya, pemain-pemain bintang Selecao banyak bertumbangan. Sebut saja bek Luiz Gustavo dan Marcelo, gelandang Oscar dan penjaga gawang Diego Alves.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan