Jamaah Haji Ditunggu Udara Sangat Panas

Pembaharuan berikutnya adalah urusan katering. Selama ini pemberian katering hanya saat jamaah berada di Madinah dan Armina (Arafah, Mina, dan Mudzalifah). Tetapi mulai tahun ini jamaah haji juga mendapatkan makan selama berada di Makkah. Konsumsi ini disiapkan di hotel masing-masing. ’’Hotelnya juga minimal setara dengan bintang tiga,’’ tandasnya.

Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay yang ikut dalam pembekalan petugas PPIH juga memberikan arahan khusus. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, PPIH jangan bertugas dengan niat naik haji gratis atau untuk mengejar honor. ’’Pelayanan untuk jamaah harus nomor satu,’’ tandasnya.

Saleh menjelaskan, bahwa tugas yang diemban tim PPIH bukan pekerjaan enteng. Mereka harus mengawal dan melayani 155.200 orang. Pelayanan terkait dengan urusan ibadah, kesehatan, penginapan, hingga konsumsi dan keamanan.

Menurutnya, kinerja Kemenag menjelang pelaksanaan haji 2015 sudah cukup baik. Di antaranya bisa menekan serendah mungkin besaran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) menjadi USD 2.717 per jamaah. Rekam jejak yang sudah baik ini harus dilanjutkan oleh kinerja pelayanan petugas PPIH. Dia juga mengatakan, DPR akan mengawasi kinerja pelayanan haji langsung di Makkah, Jeddah, dan Madinah. (wan/nw/hen)

[box type=”shadow” align=”” class=”” width=””]

Imbauan dan Kondisi Cuaca di Tanah Suci —

  1. Calon jamaah diimbau perbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi.
  2. Suhu di Makkah bisa sampai 50 derajat selsius.
  3. Kelembaban tinggi.
  4. Tanpa sadar banyak keringat keluar dari tubuh.
  5. Selalu menenteng air minum saat di luar pemondokan atau hotel.
  6. Usap wajah dengan kain basah.

Sumber: Kemenag RI

[/box]

Tinggalkan Balasan