Saatnya Menekan Die Roten

Misi tiga angka sedikit terbantu dengan kondisi komposisi Bayern yang belum juga 100 persen. Tercatat masih ada tiga pemain pilar seperti David Alaba, Arjen Robben dan Franck Ribery yang belum pulih dari cederanya. Untungnya, Robert Lewandowski masih bisa dimainkan sekalipun sempat terkena cedera tulang hidung.

Perjumpaan dengan Guardiola berarti adu permainan bertumpu pada ball possession. Di Liga Champions musim ini, Barca dan Bayern sama-sama tercatat sebagai klub dengan penguasaan bola tertinggi. Barca dengan rasio 63,9 persen per game, sedangkan Bayern 66,1 persen.

Dikutip dari Marca, Enrique tidak mau terjebak dalam nuansa reuni antara dirinya dengan Guardiola atau Barcelona dengan Guardiola. Menurutnya, bentrok di semifinal ini adalah pertemuan dua klub, bukan antara dia dan Guardiola. ’’Saya di sini bukan mengalahkan Pep (Guardiola). Melainkan bagaimana caranya mengalahkan klub besar Eropa seperti Bayern,’’ tuturnya.

Dalam laga nanti, Bayern akan menggunakan skema back three. Pola ini kembali dipakai Guardiola setelah tujuh laga Liga Champions menggunakan back four. Dari statistic, jika menerapkan back three, baik dengan skema 3-5-2 atau 3-3-3-1, Bayern tidak pernah kalah.

Dengan back three, Bayern mengalahkan Manchester City 1-0 (17/9), CSKA Moskow 1-0 (30/9) dan membantai AS Roma 7-1 (21/10). Salah satu pemain yang dipercaya melapis back three Bayern kali ini adalah Jerome Boateng. Tapi, Boateng menganggap tensi serangan yang dihadapi saat malawan Barca berbeda.

Keganasan trio MSN andalan Barca: Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar menjadi alasannya. ’’Menghadapi Barca kami seperti kedatangan badai besar,’’ sebutnya.

Selama Liga Champions musim ini, gawang Bayern sudah bobol delapan gol, paling bobrok di antara semifinalis Liga Champions.

Keberadaan Guardiola sebagai mantan pelatih yang sudah memberikan 14 trofi untuk Barca disebut para penggawa Bayern sebagai kunci konfidensi. Salah satunya Thomas Mueller. Dari tujuh gol yang dilesakkan Bayern ke gawang Barca dalam dua leg pada dua musim lalu hadir dari Mueller. Dia mencetak tiga dari tujuh gol Bayern.

’’Kami sudah mempersiapkan pertandingan ini. Pelatih tentu sudah paham benar terkait dengan bagaimana permainan Barcelona. Dia sudah memberi kami resep supaya dapat mengalahkan Barcelona, sekarang eksekusinya berada di tangan kami,’’ ucapnya dalam situs resmi klub.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan