Siswa Teken Pakta Integritas

 [tie_list type=”minus”]Dorong Siswa Pede Jelang Unas[/tie_list]

GATSU – Seluruh Siswa SMPN 6 Kota Cimahi melakukan doa bersama menjelang Ujian Nasional (Unas) yang akan di lakasanakan Senin (4/4) mendatang. Doa bersama dilakukan di aula SMPN 6 Cimahi Jalan Gatot Subroto kota Cimahi kemarin (1/5).

Kepala Sekolah SMPN 6 Cimahi Asep Irawan mengatakan, kegiatan doa istigosah itu menjadi puncak upaya sekolah dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi Unas. ’’Dengan doa istigosah minta pertolongan diberikan kesehatan kelancaran dan kesuksesan seluruh siswa kepada Allah SWT,’’ ujarnya.

Kegiatan doa bersama juga dilakukan dalam rangka membekali para siswa dari sisi rohani agar mendapat ketenangan saat menjalankan ujian. Diawali dengan kegiatan salat duha, hajat, doa istigosah, serta motivasi belajar yang dilakukan kerjasama dengan Pesantren Daarut Tauhid. ’’Rangkaian doa yang paling utama mendukung siswa menghadapi ujian,’’ ujarnya.

Pelaksanaan doa bersama juga disisipkan dengan kegiatan-kehiatan baru. Siswa melakukan penandatanganan sebagai bentuk pakta integritas sebagai pernyataan siap menjalankan unas secara jujur.

Tandatangan tersebut dilakukan siswa di atas baligo besar yang terpasang di halaman sekolah. Aksi mereka dilakukan secara bergantian di halaman sekolah.

’’Tandatangan tersebut diharapkan dapat menjadi acuan perilaku siswa dalam menjalankan unas. Terutama, agar menumbuhkan rasa percaya diri saat mengerjakan soal,’’ ujarnya.

Apalagi, tahun ini unas tidak jadi penentu kelulusan. Meski demikian, motivasi siswa untuk belajar dan mempersiapkan diri tetap tinggi karena nilai unas dipakai untuk mendaftar ke SMA atau sederajat. ’’Para siswa masih termotivasi untuk meraih nilai bagus karena akan ada persaingan untuk masuk ke SMA atau sederajat favorit,’’ ucapnya.

Sementara itu salah satu siswa Elzha Kesuma Pertiwi, 15, mengungkapkan, persiapan menghadapi Unas dilakukan dengan belajar di rumah plus belajar tambahan di sekolah.

’’Insyaallah siap. Sebab, persiapan sudah dilakukan, mudah-mudahan dengan tambahan doa bersama ini, bisa mendapat kelancaran,’’ ujarnya.

Selain belajar, menjelang unas juga dilakukan doa bersama para siswa. ’’Dengan doa, hati jadi tenang sehingga sangat membantu. Harapannya lulus dengan nilai baik dan bisa membanggakan orangtua,’’ tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan