Tim Mercedes Kembali Mendominasi

[tie_list type=”minus”]Hamilton Sapu Bersih Latihan Hari Pertama[/tie_list]

SHANGHAI – Mercedes kembali unjuk taji di Shanghai. Kalah dari Ferrari di ronde kedua Formula 1 di Sepang, Malaysia tim Silver Arrows ingin membuktikan bahwa kehilangan podium pertama dua pekan lalu hanyalah kebetulan.

Kemarin (10/4) juara bertahan Lewis Hamilton memamerkan ketangguhannya dengan menyapu bersih tempat teratas pembalap tercepat di dua sesi latihan bebas.

Dominasi Hamilton sudah dimulai sejak latihan bebas pertama (FP1) pagi. Waktu terbaiknya 1 menit 39.033 detik cukup untuk memastikan posisinya di puncak daftar pembalap tercepat sampai akhir sesi. Tidak berhenti di situ, selisih waktunya dengan rekan setimnya Nico Rosberg di urutan kedua begitu meyakinkan- lebih dari setengah detik.

Finis 1-2 di sesi latihan pertama membuktikan bahwa Mercedes belum kehilangan dominasinya di musim ini. Hasil tersebut bisa jadi akan terulang ketika lomba besok, Minggu (12/4).

Pada sesi latihan sore, Hamilton semakin tak terbendung. Membukukan waktu tercepat 1 menit 37.219 detik, pembalap Stevenage, Inggris tersebut sukses mengukukan marjin 0,4 detik di depan para rivalnya. Namun kali ini Ferrari mengganggu dominasi Mercedes dengan menempatkan Kimi Raikkonen di urutan kedua. Pembalap Finlandia tersebut menjadi satu-satunya pesaing yang mampu menjaga gap waktu di bawah satu detik di belakang Hamilton.

’’Latihan pagi kami mengalami kesulitan karena ditemukan beberapa masalah kecil. Tapi pada sore hari ada masalah pada rem dan kami menggantinya. Para mekanik bekerja dengan cepat dan baik untuk mengatasinya,’’ ujar Raikkonen.

Meski demikian, lanjutnya, masih perlu beberapa perbaikan karena timnya fokus untuk meraih hasil maksimal pada sesi kualifikasi hari ini.

Soal persaingan di balapan besok, mantan pembalap McLaren tersebut yakin Ferrari bakal kembali menjadi penantang serius dalam perebutan podium teratas. Hamilton menyebutkan Ferrari, baru kemudian rekan setimnya Rosberg.

’’Jarak kami (Mercedes-Ferrari) begitu dekat dan Nico (Rosberg) juga cepat. Jadi aku rasa kami akan benar-benar bertarung di depan,’’ ujar pembalap kulit hitam pertama di Formula 1 tersebut.

Satu hal yang membuatnya yakin dengan performa Mercedes di Shanghai adalah temperatur udara. Menurut Hamilton W06 miliknya terasa jauh lebih baik di cuaca dingin. ’’Ban tidak meleleh, jadi terasa berbeda (dengan Malaysia) dan lebih enak dikendarai,’’ tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan