Puan dan Prananda Masuk Struktur DPP

Masuk pula nama Sri Rahayu yang merupakan istri mantan ketua DPD PDIP Jatim Sirmadji Tjondro Pragolo. Dia duduk sebagai ketua DPP bidang kesehatan dan anak. Juga ada pula nama baru di truktur DPP, Hendrawan Pratikno. Mantan anggota Pansus kasus Bank Century menjadi ketua DPP bidang Perekonomian.

Akibat masuknya beberapa nama lama akhirnya terlempar. Di antaranya, Maruarar Sirait dan Effendy Simbolon yang pada periode lalu sama-sama menjabat sebagai ketua DPP.

Di awal pengumuman struktur baru, Mega sempat menyinggung tentang proses yang dilakukan ketika menempatkan sosok-sosok tertentu dalam kepengurusan DPP PDIP kali ini. Selain melibatkan tim psikolog UI untuk mengetahui kualitas kader termasuk kesetiaan kader pada partai, putri Bung Karno itu juga melakukan pemantauan pribadi. ’’Saya yang bisa melihat, yang ini pantas di sini, yang ini pantas di sana, yang ini suka memecah belah partai,’’ bebernya.

Selain beberapa harus terlempar, sejumlah nama politisi PDIP populer juga tidak masuk. Diantaranya, anggota DPR Rieke Dyah Pitaloka dan Koordinatoriat Relawan Jokowi-JK Eva Kusuma Sundari.

Menanggapi komposisi kepengurusan yang ada, mantan Sekjen DPP PDIP Pramono Anung menilai keputusan Mega menempatkan dua anaknya di kepengurusan, adalah isyarat tentang proses regenerasi di tubuh partainya. ’’Ini merupakan proses penggodokan bagi Puan dan Nanda,’’ kata Pram -sapaan akrabnya-.

Lebih lanjut, dia menyatakan keyakinannya bahwa lima tahun duduk di kepengurusan adalah waktu yang cukup bagi keduanya. ’’Nanti siapa, itu Ibu (Mega) yang tahu,’’ imbuhnya.

Lalu, apakah dengan demikian, peluang non-trah Soekarno tertutup ? Pram tidak menjawabnya secara langsung. ’’Yang jelas ketua umum 2015-20120 Megawati Soekarnoputri, selanjutnya kan masih panjang,’’ elaknya.

Seperti periode yang lalu, Pram kembali tidak masuk dalam struktur kepengurusan. Mantan wakil ketua DPR itu awalnya sempat disebut-sebut menjadi salah satu kandidat untuk menjabat sekjen kembali. ’’Dari awal, saya menyadari lebih baik beri kesempatan pada yang lebih muda,’’ katanya.

Meski masih melaksanakan sidang komisi rekomendasi bagi pemerintah, hingga tadi malam, kongres PDIP sejatinya sudah selesai. Kongres rencananya akan ditutup hari ini. (dyn/hen)

Tinggalkan Balasan