Siap Manjakan Akikers

[tie_list type=”minus”]Pemkab Akan Alokasikan Tempat di Baleendah [/tie_list]

Jokowi berakik
Jpphoto

JOKOWI BERAKIK: Presiden Joko Widodo mencoba batu akik Bacan di pameran International Furniture & Craf Fair Indonesia (IFFINA) 2015 di Jakarta, beberapa waktu lalu. Sementara itu Wabup Deden Rumaji (kanan) saat melihat pameran batu akik, kemarin.

KATAPANG – Pemerintah Kabupaten Bandung dalam waktu dekat akan menyiapkan lahan khusus untuk para pedagang batu akik. Hal tersebut seiring meningkatnya jumlah pedagang dan penghasil batu akik membuka usaha batu akik.

Menurut Abah Eman salah seorang penjual batu akik di Jalan Raya Katapang Bandung, berjualan batu akik di Kabupaten Bandung sangat cocok dan berpeluang besar. Sebab, warga Bandung masih banyak yang menyukai batu akik (Akikers). Peminatnya, remaja hingga orangtua.

’’Bahkan, para ibu-ibu pun sekarang sudah mulai melirik batu akik sebagai asesoris perhiasan kaum ibu,’’ kata Abah Eman kemarin (8/4).

Dia berharap, Pemkab Bandung agar menyediakan lahan khusus untuk para penjual batu akik. Sebab, dengan maraknya batu akik sekarang ini pihaknya bisa memperkerjakan warga setempat. ’’Dengan adanya sentra batu akik itu kami bisa emngajak mereka kerja di lapak kami, sekaligus membantu dalam mengurangi pengangguran,’’ katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung H. Deden Rukman Rumaji mengatakan, pertumbuhan perajin batu akik di Kabupaten Bandung saat ini jumlahnya terus melonjak. Di samping itu, Kabupaten Bandung banyak sekali objek wisata yang diincar para wisatawan domestik.

’’Sehingga bila tidak ditata serius soal penjual batu akik yang berlimpah di Bandung tentunya akan menjadi masalah baru,” kata Deden.

’’Rencananya, pedagang batu akik tersebut akan saya tempatkan di satu tempat di daerah Bale Endah. Sekaligus dijadikan sebagai sentra wisata batu akik Kabupaten Bandung,’’ ujar Deden

Deden berharap, dengan adanya lahan central wisata batu akik tersebut, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wiisatawan yang datang di Kabupaten Bandung. Selain nantinya akan dibangunkan kios-kios unttuk dipersiapkan bagi para penjual. Dengan begitu, warga pencinta batu akik akan semakin mudah untuk berbelanja. (gun/rie)

Tinggalkan Balasan