Polisi Jadi Pelopor Revolusi Mental

Jelang Operasi Simpatik Lodaya 2015

[dropcap]C[/dropcap]IMAHI – Wakapolres Cimahi Kompol Catur Sungkowo memimpin langsung pasukannya pada apel kesiapan Operasi Simpatik Lodaya 2015 di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Machmud, kemarin (1/4).
Kegiatan yang akan digelar selama 21 hari itu, akan dilaksanakan 1 hingga 21 April 2015 mendatang, dengan tema ’Mewujudkan Polisi sebagai Penggerak Revolusi Mental dan Pelopor Tertib Sosial di Ruang Publik’.

Menurut Catur, operasi yang akan dilaksanakannya itu termasuk dalam persiapan Cipta Kondisi menjelang HUT Bhayangkara yang akan dilaksanakan pada 1 juli 2015 mendatang. Catur mengatakan, tema operasi simpatik ini pun bertujuan untuk mewujudkan, Polisi sebagai penggerak revolusi mental, dan pelopor tertib sosial di ruang publik, serta meningkatkan kesadaran kepatuhan hukum masyarakat dalam bidang keamanan, ketertiban, keselamatan, dan ketertiban berlalulintas.

”Jadi ini tidak hanya masyarakat saja yang menjadi pelopor keselamatan, tetapi seluruh anggota Polri terutama polantas yang di jalan, harus menjadi pelopor penggerak revolusi mental,” ujar Catur usai memimpin apel pasukan, kemarin (1/3).

Dirinya menambahkan, saat berkendaraan, para Polisi pun harus tertib dan disiplin berlalulintas. ”Seperti menyalakan lampu pada siang hari, menggunakan helm SNI, kemudian juga menggunakan seftybelt, demi keselamatan. Intinya mematuhi aturan lalulintas,” terangnya.

Dijelaskan Catur, sasaran dalam Operasi Simpatik Lodaya 2015 ini adalah pengguna jalan, pemilik perusahaan, juga komunitas-komunitas pencinta otomotif, pelajar dan mahasiswa. Kemudian juga sasaran lain masyarakat di pasar-pasar, mall, dan ojek wisata. Sehingga, dengan adanya hal ini bisa tercipta lalulintas yang tertib, aman dan lancar. ”Utamanya mewujudkan kondisi yang kondusif dan terkendali saat berlalulintas,” jelasnya.

Catur mengaku, operasi ini sudah dikoordinasikan dengan jajaran TNI maupun Dinas Perhubungan (Dishub). ”Untuk anggota TNI nanti, ranahnya ada pada anggota POM TNI untuk memeriksa kelengkapan surat-surat maupun kelengkapan kendaraan,” pungkasnya. (mg18/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan