Mengikis Fase Kritis

’’Ini jelas adalah pertandingan yang sangat berat. Namun kami berada dalam kepercayaan yang sangat tinggi untuk memenangkan laga. Kami percaya bisa melewati fase kritis,’’ kata Sneijder yang dalam laga ini menjadi kapten tim menggantikan Van Persie kepada De Telegaaf.

’’Kami paham bahwa kedua pemain tersebut (Van Persie dan Robben) sangat penting artinya bagi kami. Namun, sebuah tim yang bagus tidak akan bergantung pada satu atau dua pemain. Dan kami percaya dengan semua pemain. Kondisi ini tidak akan membuat kami frustasi,’’ imbuh mantan pemain Inter Milan dan Real Madrid tersebut.

Kehilangan Van Persie dan Robben jelas pukulan berat. Saat membantai Latvia dengan skor 6-0 pada 16 November lalu di Amsterdam, pemain yang masing-masing merumput di Manchester United dan Real Madrid tersebut bermain baik.

Van Persie mencetak satu gol. Sedangkan, Robben membukukan dua gol. Dua gol lainnya diciptakan oleh Huntelaar. Satu sisanya diceploskan oleh Jeffrey Bruma. Dengan fakta tersebut, sejatinya Hiddink sudah menemukan formasi yang ideal dengan menurunkan Van Persie, Robben, dan Huntelaar secara bersamaan di lini depan. ’’Tim kami akan menunjukkan yang terbaik dalam laga ini. Dan kami bisa melakukannya,’’ imbuh Sneijder.

Belanda memang harus bekerja dengan keras. Sebab Ceko dan Islandia bisa saja menjauh karena berhadapan dengan lawan yang ringan. Ceko akan melawan Latvia, dan Islandia berjumpa Kazakhstan.

Sementara itu, pelatih Turki Fatih Terim menuturkan bahwa kondisi timnya sangat solid. Meski diterpa disharmoninsasi karena pengakuan Omer Toprak dan Hakan Calhanoglu yang bertengkar dengan rekan setimnya, Gokhan Tore, Terim mengatakan bahwa kondisi Turki masih baik-baik saja.

’’Saya sangat gembira dengan kondisi tim ini. Dan saya siap bermain di Amsterdam. Saya hanya butuh kepercayaan dan dukungan dari rekan setim,’’ kata Toprak kepada Milliyet.

Berbeda dari Belanda, hampir semua pemain Turki berada dalam kondisi siap tempur dalam laga ini. Tidak ada satupun pemain kunci yang cedera. (nur/bas/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan