Temukan 77 Titik Kebakaran Hutan dan Lahan

Sementara itu, potensi bencana kebakaran hutan di Sumatera diantisipasi sejak dini. Pemerintah pusat melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengadakan rapat koordinasi dengan jajaran Pemprov Jambi di Kantor Daerah Operasi Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Manggala Agni di Jambi. Pemprov Jambi diwakili langsung oleh Gubernur Hasan Basri Agus.

Setelah rapat, Siti menekankan seluruh jajaran pemda dan dunia usaha agar mengantisipasi potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang dituangkan dalam sebuah rencana aksi. ’’Penekanan utama dari arahan Presiden Joko Widodo adalah melakukan tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran hutan,’’ ujar Siti.

Setiap ada titik api, papar dia, pemadaman harus cepat dilakukan. Untuk itu, harus ada niat dan kemauan kuat untuk menangani persoalan pembakaran hutan tersebut secara bersama-sama. ’’Masyarakat dan swasta harus aktif menginfokan kepada aparat bila ada titik api,’’ ungkap Siti. (gus/aal/ c23/diq/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan