Presiden Tunggu Praperadilan

Meski demikian, Prabowo mengakui kalau pembicaraannya dengan Jokowi juga sempat menyinggung tentang polemik KPK-polri. ’’Ya, jadi tadi kami singgung sebentar, seputar komitmen beliau memperkuat dan menjaga semua institusi negara,’’ kata dia, usai pertemuan.

Pada kesempatan itu, dia hanya mengungkapkan tentang dukungannya terhadap polri maupun KPK. Keduanya, menurut dia, sama-sama penting untuk bersama-sama dijaga.

Dia mengaku, tidak sampai masuk pada pembahasan seputar pro kontra perlu tidaknya Budi Gunawan dilantik sebagai kapolri pasca status sebagai tersangka KPK. ’’Urusan pengangkatan itu sebetulnya adalah tugas dan hak eskekutif,’’ tuturnya.

Prabowo hanya menegaskan, kalau dirinya sepakat agar seluruh pihak sepakat untuk menghormati apapun keputusan yang akan diambil presiden nantinya. Sebab, lanjut dia, bagaimanapun presiden adalah pemegang mandat dari rakyat. ’’Dan saya yakin beliau (Jokowi, Red) akan melakukan yang terbaik pada rakyat,’’ imbuhnya.

Seperti halnya dengan Prabowo, presiden juga enggan membeber secara detil isi pembicaraan khusus menyangkut polemik KPK-Polri. ’’Ya tadi kan sudah disampaikan semuanya oleh Pak Prabowo.Saya kira sebagaimana beliau sampaikan, beliau memberikan dukungan penuh kepada pemerintah yang sekarang,’’ elak Jokowi.

Namun demikian, berbeda dengan penampilan presiden beberapa hari terakhir, khususnya ketika menyangkut polemik KPK-polri, kali ini ekspresi presiden tampak lebih rileks dan lepas. Saat keluar bersama dari ruangan usai pertemuan, keduanya juga sempat memamerkan keakraban. Jokowi yang berjalan di sisi kiri Prabowo, tampak membicarakan sesuatu sambil tersenyum lebar. (dyn/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan