Studi Banding ke Surabaya untuk Pelajari Pengelolaan Keuangan Daerah

BANDUNG BARAT – Wakil Bupati Kabupaten Bandung Bandung Barat (KBB), Yayat T Soemitra akan memboyong beberapa dinas ke Surabaya, hari ini (14/6).

Kunjungan kerja dilakukan untuk studi banding untuk peningkatan kinerja pemerintahan KBB.

Di antara dinas yang akan diboyong ke Surabaya di antaranya, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( DPPKAD), Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR), dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung Barat.

Asisten Bagian Administrasi Umum, Maman Sulaiman menjelaskan, kunjungan tersebut adalah untuk memenuhi undangan wali kota Surabaya yang ditujukan kepada Wakil Bupati KBB Yayat Turochmat Soemitra.

Selain itu, kunjungan tersebut menjadi salah satu upaya pihak pemkab untuk memaksimalkan Kinerja Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Surabaya dianggap sebagai salah satu kota yang cukup berhasil dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Daerah yang menjadi tujuan kali ini Kota Surabaya yang telah berhasil dalam mengelola Keuangan daerah,” kata Maman, kemarin (13/6).

Maman menambahkan, kunjungan kerja yang dilakukan ini dengan memboyong beberapa SKPD dimaksudkan supaya pihak Pemkab KBB bisa mengadopsi beberapa hal yang sudah dilakukan pihak pemerintah Surabaya dan berhasil dilaksanakan.

“Biar mereka bisa melihat langsung keberhasilan daerah yang dikunjungi, supaya nantinya bisa diterapkan di KBB,” ujarnya.

Maman berharap, kunjungan kerja yang akan dilaksanakan Wakil Bupati KBB yang sekaligus memboyong beberapa SKPD, diharapkan mampu membawa hal yang bermanfaat untuk diterapkan di Pemkab KBB.

“Mudah-mudahan sepulangnya dari Surabaya ada yang bisa dibawa dan diterapkan di KBB,” harap Maman.

Dirinya menegaskan, pihak Pemerintah Kota Surabaya akan memberikan beberapa software yang berisikan program-program yang berhasil dilaksanakan khususnya terkait pengelolaan keuangan, pengelolaan taman dan pembangunan.

“Pihak kita akan diberi software terkait program-program pihak pemkot Surabaya,” pungkas Maman.

Sebagai acuan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mewakili Kota Surabaya menerima titel United Europe Award di London, Rabu (16/4) lalu.

Bertempat di Institute of Director di London, Tri Rismaharini menerima piala pada malam penganugerahan Socrates Award. Bersama dengannya, walikota-walikota dari segala penjuru dunia hadir pula untuk menerima penghargaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan