Anggarkan Rp 28 Miliar, Dewan Jabar Pantau Kesiapan Revitalisasi Situ Rawa Kalong Depok

BANDUNG – Kalangan dewan melalui Komisi V DPRD Jabar memastikan rencana revitalisasi dan penataan Situ Rawa Kalong di Kota Depok akan dilanjutkan pada tahun ini.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Hasbullah Rahmad mengatakan, Pemprov Jabar bersama DPRD Jabar telah sepakat proyek tersebut harus dikerjakan pada tahun anggaran 2021.

Dia menyebutkan, pihaknya telah menganggarkan sekitar Rp 28 Milyar untuk pembangunan tampak darat dan fasilitas publik lain seperti MCK.

“Kita anggarkan penataan tampak darat dan fasilitas publik seperti MCK itu juga dianggarkan tahun ini”, ujar Hasbullah saat kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Jumat, (15/1).

Hasbullah melanjutkan, pekerjaan rumah selanjutnya ialah pembebasan lahan untuk area parkir serta penghijauan. Sehingga, perlu ditambah alokasi anggarannya di perubahan 2021.

“Kedepan kita harus alokasikan anggaran untuk pembebasan lahan agar parkir tidak memakai bahu jalan”, tambah Hasbullah.

Sementara itu Sekretaris Komisi IV DPRD Jawa Barat Buky Wibawa mengatakan, revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan persembahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk masyarakat Depok agar memiliki situ yang layak untuk ruang terbuka hijau bagi masuyarakat.

’’Ini juga menjadi tempat rekreasi dan saling berkomunikasi antar sesama warga,’’kata dia.

Selain itu, situ juga memiliki fungsi sebagai kolam retensi untuk pengendalian banjir.

Buky berharap semua pihak agar bisa menjaga keberadaan Situ Rawa Kalong agar tetap bersih dan asri.

“Tidak sekedar menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, juga terutama kepada perusahaan yang ada disekeliling situ ini supaya tidak membuang limbah ke situ”, pinta Buky. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan