Anak Anda Gagal Tumbuh? Kenali Stunting dan Penyebabnya

WHO mendefinisikan stunting sebagai kegagalan untuk mencapai potensi pertumbuhan linier (tinggi) seseorang. Stunting adalah bentuk malnutrisi yang paling umum secara global, mempengaruhi seperempat dari semua anak di bawah usia 5 tahun, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Stunting memiliki dampak serius sepanjang siklus hidup. Dampak dunia nyata dari riak stunting jauh melampaui pertumbuhan linier. Anak yang kerdil mungkin juga memiliki sistem kekebalan, fungsi otak, dan perkembangan organ yang lebih buruk. Berkinerja di bawah rata-rata di bidang-bidang ini juga dapat membatasi produktivitas mereka di masa depan dan mengancam kesehatan anak-anak mereka di masa depan.

Namun ada langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah stunting, terutama pada 1.000 hari pertama antara kehamilan dan ulang tahun kedua anak. Untuk anak-anak yang stunting, beberapa efek dapat dikurangi dan bahkan ditanggulangi. Berikut penyebab stunting dan cara mencegahnya:

Penyebab Stunting

Ada banyak faktor yang berkontribusi jadi penyebab stunting pada masa kanak-kanak, dan faktor-faktor ini sering dikaitkan. Beberapa faktor umum yang terkait dengan stunting meliputi sebaga berikut dilansir dari Concern US:

  1. Gizi buruk dan kurangnya akses ke beragam makanan
  2. Sanitasi buruk dan tidak ada/sulit akses air minum bersih
  3. Kurangnya perawatan kesehatan yang layak untuk anak-anak dan ibunya
  4. Stimulasi psikososial yang tidak memadai dan / atau ikatan orangtua-bayi

Tak satu pun dari penyebab ini terjadi dalam ruang hampa. Kesetaraan gender, keterlibatan laki-laki dalam pengasuhan, dan konflik semuanya dapat berkontribusi pada stimulasi psikososial anak.

Konflik, bersama dengan peluang pendapatan, harga pangan, dan kejadian iklim, dapat mempengaruhi ketersediaan pangan dan pada gilirannya berkontribusi pada kekurangan gizi atau malnutrisi.

Terakhir, stunting sering kali bersifat antargenerasi: Anak-anak yang stunting juga lebih mungkin memiliki anak yang stunting. Anak yang stunting juga lebih rentan mengalami kelebihan berat badan saat dewasa, sehingga menimbulkan lebih banyak risiko kesehatan.

Lingkaran Setan Stunting

Setelah seorang anak lahir, penting bagi ibu dan bayinya untuk mendapatkan perawatan pascakelahiran yang tepat. Untuk bayi yang lahir dalam kemiskinan, salah satu senjata terpenting untuk memerangi penyebab stunting adalah ASI, yang memperkuat sistem kekebalan mereka dan menyediakan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan