Zona Merah Mengancam, Tenaga Kesehatan di Kabu­paten Subang dan Purwakarta Terpapar Covid

Sementara di Kabupaten Purwakarta berada dalam zona merah penyebaran Covid-19. Hal ini menanda­kan jika kasus terkonfirmasi positif Covid-19 setiap harin­ya terus bertambah. Faktan­ya, tenaga kesehatan di Pur­wakarta pun tak luput dari penularan Covid-19. Bahkan hingga hari ini tercatat masih ada 17 tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan Kabid P2P Dinas Kesehatan Purwakarta, dr Erlitasa­ri Kusuma Wardani saat diwawancarai di Kantor Dinas Kesehatan, Jl. Vet­eran Purwakarta, Senin (23/11).

“Iya benar, hingga hari ini masih ada 17 tenaga kes­ehatan di Purwakarta yang terpapar Covid-19,” kata Erlita kepada wartawan.

Dirinya menjelaskan, 17 tenaga kesehatan yang terpa­par tersebut yaitu, lima orang dokter dan 10 tenaga keseha­tan yang bertugas di rumah sakit daerah dan swasta yang ada di Purwakarta.

“Kemudian ada dua tena­ga kesehatan yang bertugas di puskesmas juga terpapar Covid-19,” katanya men­jelaskan.

Dari lima dokter yang positif Covid-19, empat di antaranya menjalani pera­watan di masing-masing rumah sakit tempat mer­eka bertugas. Adapun satu dokter lainnya menjalani isolasi mandiri.

Terkait 10 tenaga keseha­tan di rumah sakit, dan dua tenaga kesehatan puskes­mas yang terpapar Covid-19, ada yang menjalani perawatan dan ada juga yang menjalani isolasi di tempat yang disediakan pemerintah daerah.

“Rata-rata tenaga keseha­tan yang terpapar Covid-19 mengalami gejala yang se­dang dan ringan,” ujarnya.

Kendati sejumlah dokter dan tenaga kesehatan di Purwakarta terpapar Covid-19, dirinya memastikan pusat layanan kesehatan di Purwakarta, baik itu rumah sakit maupun puskesmas, masih berjalan normal.

“Yang pasti pelayanan kes­ehatan diberikan dengan menerapkan protokol keseha­tan ketat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.(ygo/add)

 6 Tenaga Kesehatan Kabupaten Subang

  • 2 PetugasHemodialisa
  • 2 Perawat IGD
  • 1 Cleaning service
  • 1 Analyist medis

17 Tenaga Kesehatan Kabupaten Purwakarta

  • 5 Dokter
  • 10 Tenaga kesehatan rumah sakit daerah dan swasta

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan