Zona Merah Mengancam, Tenaga Kesehatan di Kabu­paten Subang dan Purwakarta Terpapar Covid

SUBANG-Penanganan Covid-19 di Kabu­paten Subang dan Purwakarta sangat mengejutkan. Se­banyak 6 orang pegawai RSUD Kelas B Subang terpapar Covid mulai dari pera­wat hingga clean­ing ser­vice. Tercatat dari tanggal 1-23 November 2020, ada sebanyak 10 Pasien RSUD yang positif Covid-19 meninggal dunia. RSUD Kelas B Subang meminta kesadaran masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak terus dilakukan dan perhati­kan kerumunan orang banyak.

PLT Direktur RSUD Kelas B Subang dr Ahmad Nasuhi men­gatakan, kondisi membludaknya pasien yang ada di RSUD Kelas B Subang, menjadi salah satu ala­san banyak masyarakat Subang yang tidak menerapkan protokol kesehatan sep­erti 3M (mencuci tan­gan, memakai masker dan menjaga jarak).

Jika melihat di Bulan November 2020 saja, dari tanggal 1-23 sudah ada 75 orang yang dirawat di berbagai ruang penan­ganan Covid-19. Seperti di Alamanda, Tulip dan lain­nya. “Dari tanggal 1-23 No­vember 2020, ada 75 orang yang terpapar Covid-19 kita rawat,” ujarnya.

Dijelaskan Ahmad, seban­yak 10 orang pasien yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19, dengan penyakit penyertanya. Hal tersebut dimungkinkan karena metabolisme yang kian menurun, ketika dira­wat dan dilakukan penan­ganan. “Dari tanggal 1-23 November 2020 ini juga ada sebanyak 10 orang yang meninggal dunia karena Covid-19,” ubngkapnya.

Pada bulan Oktober 2020, lanjutnya, ada sem­bilan pasien yang terpapar Covid-19 dan 85 pasien yang dirawat karena Covid-19. RSUD juga mendata ada enam pegawai dan tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. “Saat ini, sedang dilakukan isolasi, yaitu dua dari tenaga kesehatan He­modialisa, 2 dari perawat IGD, 1 cleaning service, dan 1 lagi analyist medis. Terpaparnya itu disebab­kan Orang Tanpa Gejala (OTG),” paparnya.

Kasubag Humas RSUD Kelas B Subang Mamat BudiRakhmat menam­bahkan, pihaknya terus melakukan edukasi ke­pada pengunjung ataupun pasien RSUD Kelas B Sub­ang, agar memakai masker medis ketika berkunjung. “Untuk mencegah penye­baran Covid-19 di RSUD Kelas B Subang, kita terus melakukan edukasi jangan sampai terpapar,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan