Yudi Guntara Cemaskan Persib Bandung

BANDUNG-Mantan pemain Persib Bandung Yudi Guntara mencemas skuad racikan Robert Alberts jika tanpa dua striker andalan Wander Luiz dan Geoffrey Castillion.

Secara keseluruhan, ucapnya, skuad Pangeran Biru musim ini disebut “paket lengkap” di semua lini. Kehadiran Wander Luiz dan Geoffrey Castillion di awal musim membuat Persib Bandung begitu bertaring.

Terbukti, tujuh gol Persib Bandung selama tiga pertandingan awal merupakan hasil kerja sama dua pemain asing tersebut.

Pergerakan kedua penyerang ini dianggap sulit ditebak lawan karena bisa bermain melebar.

“Saya hanya waswas kalau Wander Luiz dan Geoffrey Castillion tidak main. Saya melihat kompetisi panjang, tidak selalu mereka akan bermain, dari awal sampai akhir, baik home maupun away,” kata Yudi Guntara dilansir dari poskupang.com, Minggu (9/8).

Selebrasi Geoffrey Castillion bersama Esteban Vizcarra dan Wander Luiz.
Menurutnya, ada kemungkinan satu dari striker itu bahkan kedua-duanya absen dalam satu laga karena berbagai alasan. Antara lain karena cedera atau akumulasi kartu kuning atau merah.

“Pertanyaan saya. Bagaimana caranya mencari striker apabila mereka tidak bermain?” ujarnya.

Beni Oktavianto, Zulham Zamrun, Erwin Ramdani, dan Beckham Putra dinilai bukan pelapis yang sepadan.

Dari empat pemain itu, ucapnya, hanya Beni yang benar-benar berposisi asli sebagai striker.
“Zulham bukan striker tapi winger, tidak fight di kotak penalti tapi stylist. Dribling oke. Beckham, postur tidak ideal jadi striker. Dia idealnya di tengah. Kalau Beckham bermain di depan, tetap harus ada Wander Luiz atau Geoffrey Castillion,” kata Yudi Guntara.

Andai masih ada bursa transfer, ia berharap Persib bisa mendapatkan penyerang naturalisasi seperti Ilija Spasojevic di Bali United.

“Jika cadangan (Wander Luiz dan Geoffrey Castillion) pemain lokal sangat berat, karena yang dihadapi adalah bek-bek asing yang tangguh. Spaso fight dan punya pengalaman,” katanya.

Andai Persib tetap mempertahankan skuad saat ini, Yudi Guntara berharap pelatih Robert Alberts sudah menyiapkan strategi kejutan andai timnya bermain tanpa Wander Luiz dan Geoffrey Castillion.

“Ini menjadi pekerjaan rumah besar, misalnya tidak ada dua-duanya. Misalnya, bisa memaksimalkan second line,” ujar Yudi Guntara. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan