Warga Resah, Jalan Raya Lembang Dijadikan Sunmori dan Cornering Oleh Komunitas Motor

LEMBANG – Warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat, resah dengan maraknya aksi kebut-kebutan yang dilakukan oleh komunitas bermotor di sepanjang Jalan Raya Lembang hingga Jalan Raya Cikole menuju Subang.

Aksi kebut-kebutan yang biasanya dikenal dengan Sunday Morning Ride atau Sunmori itu biasanya dimulai sejak malam minggu atau Minggu dini hari hingga siang.

Eko Gunawan (36), warga Kayu Ambon,  mengatakan meskipun sunmori sempat berhenti selama pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19, namun saat ini sudah memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sehingga dikhawatirkan akan kembali marak.

“Sebulan kemarin sempat sepi yang sunmori, tapi karena sekarang sudah AKB kemungkinan akan ramai lagi. Jujur kami sebagai warga Lembang resah, karena membahayakan,” ungkap Eko, Jumat (19/6).

Sunmori tersebut tak jarang memakan korban pengendara yang kecelakaan lantaran menabrak kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan.

“Kalau yang kecelakaan banyak, karena mereka kan ngebut terus daru arah berlawanan ada kendaraan lain. Waktu itu bahkan sampai nabrak rombongan sepeda, jadi memang membahayakan,” jelasnya.

Merespon keresahan warga, Kapolsek Lembang Kompol Sarce Christiaty Leo Dima mengatakan kebut-kebutan di jalan umum tidak dibenarkan, selain membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan pengguna jalan lain. Terlebih, saat ini masih dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Tidak dibenarkan mengganggu hak pengguna jalan lain. Kalau terjadi kecelakaan, yang rugi bukan hanya yang kebut-kebutan saja, tapi warga yang tak terlibat,” kata Sarce.

Mengantisipasi kerawanan gangguan pada malam hari, Sarce menjelaskan, kepolisian bakal mengadakan patroli sebagai bentuk kegiatan preventif dan akan melakukan razia di jalan yang biasa dijadikan arena kebut-kebutan.

“Nah, kalau pantauan di jalan raya ternyata banyak akan langsung kita bubarkan. Kita akan intensifkan razia di malam minggu,” bebernya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan