Warga dan RSJ Cisarua KBB Garap Program Global Green and Healthy Hospitals (GGHH)

CISARUA – Gapoktan Wargi Panggupay, menjalin kerja sama dengan RS Jiwa (RSJ) Cisarua, Provinsi Jawa Barat, yang berada di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dalam bidang pertanian.

Selain untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif, kemitraan ini juga untuk mendukung program dunia dalam mewujudkan Global Green and Healthy Hospitals (GGHH).

“Kerja sama pertanian ini sudah berjalan dua bulan memanfaatkan lahan seluas 6 hektare untuk ditanami sayuran. Lamanya kerja sama selama tiga tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan,” kata Ketua Gapoktan Wargi Panggupay, Lembang Ulus Pirmawan (46), Kamis (6/8).

Ulus yang juga menjadi Duta Petani Andalan (DPA) Pembangunan Pertanian ini menyebutkan, menanam sejumlah sayuran seperti brokoli, bunga kol, selada, tomat, dan seledri dilahan yang dikerjasamakan.

Pada prosesnya ada sebanyak 30 pekerja yang dilibatkan dari warga lokal, termasuk dua orang yang telah menjalani rehabilitasi di RSJ Cisarua dan sudah dinyatakan sembuh.

Dirinya sengaja melibatkan mereka dengan harapan bisa menciptakan petani-petani baru yang ke depan bisa berdikari. Dua orang asal Karawang dan Kota Bandung itu dibekali ilmu pertanian dan dibangkitkan kepercayaan dirinya, supaya mentalnya pulih dan sehat seperti semula.

Mereka pun dibayar perhari dengan jam kerja dari pukul 07.30-12.00 WIB, agar tumbuh percaya dirinya bahwa bisa menghasilkan uang dengan bekerja sendiri.

“Saya bukan hanya ingin mencari profit, tapi bagaimana membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain dan mengajak generasi muda mau bertani. Keterlibatan mereka yang pernah direhabilitasi sesuai permintaan pihak RSJ agar mereka turut diberdayakan. Kami pun menerima sebanyak-banyaknya, hanya untuk saat ini yang direkomendasikan baru dua,” tuturnya.

Ulus yang mengawali bisnis pertaniannya sejak tahun 1993, memang menjadi salah satu role model suksesnya bisnis pertanian dan pemberdayaan masyarakat. Satu dari 66 petani Indonesia binaan Kementerian Pertanian ini bahkan sempat meraih berbagai penghargaan bersama dengan kelompok taninya salah satunya penghargaan Petani Teladan oleh Food Agriculture Organization (FAO) yang diberikan pada 2017.

Disinggung soal hasil panen, Ulus mengatakan, meski baru dua bulan berjalan namun sudah berhasil panen brokoli sebanyak kurang lebih 2 ton dalam seminggu terakhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan