Wali Kota Cimahi Ingin Adakan 600 Ribu Vaksin Covid-19

CIMAHI – Penduduk di Kota Cimahi diharapkan mendapatkan vaksin Corona Virus Disease (Covid-19).  Untuk itu, Kota Cimahi berencana akan mengadakan vaksin sebanyak 600 ribu.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat ditemui di Kelurahan Karang Mekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Rabu (21/10). “Kalau bisa cimahi minta 600.000 sesuai jumlah penduduk saja,” kata Ajay.

Namun hingga kini, ia belum mengetahui jumlah jatah vaksin Covid-19 untuk Kota Cimahi. Pihaknya masih menunggu kepastian regulasi teknis Covid-19 yang katanya bakal dilaksanakan mulai November 2020. Termasuk, kepastian kuota yang didapat Kota Cimahi dari pengadaan vaksin oleh pemerintah pusat tersebut.

“Terus berkoordinasi segala sesuatunya tentang vaksin tersebut, karena kita perlu kepastian kuota vaksin,” katanya.

Selain itu, terang Ajay, pihaknya juga belum mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwal). “Kita belum mengeluarkan peraturan walikota, instruksi, atau maklumat soal pelaksanaan vaksinasi covid-19. Yang jelas saat ini belum ada petunjuk teknis pelaksanaan dari pusat, kalau disana siap kami ikut melaksanakan,” ujarnya.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan Kota Cimahi terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar mengenai kegiayan vaksinasi covid-19 tersebut.

Berdasarkan informasi, vaksin Covid-19 terlebih dahulu akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19 hingga yang melakukan tracing. Kemudian nantinya juga akan menyasar  petugas yang kerap melaksanakan operasi yustisi seperti Satpol PP, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya.

Sebagai persiapan, para tenaga kesehatan mulai diberikan pelatihan terhadap tenaga kesehatan yang bertugas memberikan vaksin terhadap penerimanya. Pelatihan diadakan oleh Pemprov Jawa Barat. Pihaknya hanya mengirimkan tenaga kesehatan untuk ikut pelatihan tersebut, sehingga disaat Kota Cimahi mendapat jatah vaksin dari pemerintah pusat mereka sudah siap bertugas.

“Sudah mulai dilakukan pelatihan vaksinasi kepada tenaga kesehatan di Kota Cimahi,” kata Chanifah.

Pihaknya belum mengetahui percis kapan vaksinasi Covid-19 akan dimulai. Namun menurut informasi yang diterima Rini, vaksin paling cepat akan dilaksanakan Desember mendatang.

“Paling cepat katanya Desember kita sudah bisa melakukan vaksinasi sehingga petugas kesehatan sudah disiapkan untuk melakukan vaksin itu,” sebut Rini, sapaan Chanifah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan