Wali Kota Bandung Resmikan Dua Tempat Pencucian Tangan

BANDUNG – Sebanyak 30 tempat pencuci tangan akan segera dipasang oleh Pemkot Bandung pekan ini. Dua di antaranya berada Bandung di Alun-alun Kota Bandung. Maksud dan tujuan pemasangan tempat cuci tangan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

Pemasangan tempat cuci tangan dipasang Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung. Peresmian dihadiri  Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, Kadinkes Rita Verita dan Ketua TP PKK Siti Muntamah.

Dua pencuci tangan itu dipasang di dekat Masjid Agung dan satu lainnya di dekat shalter Damri Alun-alun Bandung. Sebagai simbolis Wali Kota Bandung Oded M. Danial langsung mencoba tempat cuci tangan tersebut.

“Kita memasang instalasi tempat mencuci tangan untuk masyarakat dalam rangka memudahkan masyarakat untuk memudahkan mencuci tangan. Juga, penguatan menghadapi Covid-19 ini, Insya Allah akan dipasang di 30 titik di Kota Bandung,” kata Oded di Alun-alun Bandung.

Oded mengungkapkan, tempat cuci tangan lainnya akan di tempatkan di pusat keramaian di Kota Bandung.

“Dipasang di pasar-pasar, di taman, mudah-mudahan ini memudahkan masyarakat khususnya menghadapi wabah Covid-19,” ungkapnya.

Tempat mencuci tangan ini sudah dilengkapi sabun, tisu dan lampu sensor untuk digunakan di malam hari. Selain itu, kapasitas air yang ada di tempat penampungan air, sekitar 250 liter.

Oded mengimbau, kepada warga untuk saling menjaga tempat cuci tangan tersebut. Sebab tempat pencucian tangan ini akan berlaku permanen dan berlaku tidak hanya momentum saat wabah Covid-19 saja.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, mari kita jaga dan pelihara alat ini, karena ini hukan hanya sekedar untuk menghadapi virus Covid-19 saja, ini meuoaka bagian dari edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan Prilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS),” imbaunya.

“Agar memudahkan masyarakat mencuci tangan. Ketika masyarakat sudah bisa PHBS, maka akan diterapkan di lingkungannya,” jelasnya.

Sementara itu, Oded mengklaim, 30 unit tempat cuci tangan ini akan rampung selama satu pekan ke depan. “Insya Allah, selesai karena pemasangan tidak susah. Mudah-mudahan kurang dari sepekan selesai,” tandas. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan