Volume Kendaraan Naik 75 Persen

NGAMPRAH – Volume kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi ruas Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mengalami peningkatan pada hari raya Idul Adha 1441 hijriyah.

Berdasarkan pantauan, kendaraan roda empat dan roda dua mulai berbaris memenuhi badan jalan sejak perbatasan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung Barat hingga mencapai ujungnya di area wisata Farm House dan The Great Asia Africa.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar mengatakan peningkatan volume kendaraan pada hari H Idul Adha kali ini diperkirakan mencapai 40 persen.

“Sudah ada peningkatan volume kendaraan tapi belum signifikan, hanya sekitar 40 persen. Peningkatan ini sebetulnya masih dalam taraf normal,” ungkap Duddy.

Namun pihaknya memperkirakan gelombang kedatangan wisatawan ke KBB akan terus bertambah menjelang sore.  Tujuannya pun beragam, mulai dari sekadar jalan-jalan maupun bermalam di Lembang hingga hari Minggu nanti.

“Prediksi kami puncak kedatangan kendaraan wisatawan ke Lembang sore dan malam. Kalau pagi sampai siang mungkin masih ada yang silaturahmi ke keluarga atau ada yang penyembelihan hewan,” bebernya.

Hingga Minggu nanti peningkatan volume kendaraan diperkirakan bakal mencapai 75 persen. Pengunjung didominasi dari luar kota Bandung dan sekitarnya, seperti Jakarta, Bogor, Karawang, Cianjur, Purwakarta, dan daerah lainnya.

“Bisa sampai 75 persen peningkatannya. Ada yang mungkin hanya jalan-jalan terus pulang lagi. Biasanya kalau yang begitu wisatawan lokal,” terangnya.

Untuk mengatasi kepadatan pada libur panjang Idul Adha kali ini, pihaknya sudah menyiapkan cara bertindak (CB) yakni kanalisasi pengalihan arus dan pemberlakuan one way.

“Kalau ada kepadatan dari arah Lembang atau Bandung akan ada pemberlakuan one way dan kanalisasi pengalihan arus. Kita juga sudah pasang traffic cone dan siapkan water barrier. Personel juga standby di lokasi sambil memantau arus lalu lintas,” tandasnya. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan