Venue Piala Dunia U-20 2021 Belum Jelas

JAKARTA – Persiapan Piala Dunia U-20 2021 seperti ma­sih belum menemui titik te­rang. Kemana arah persiapan juga masih belum terlihat secara gamblang menyusul belum diputuskannya enam venue yang bakal menjadi tempat perhelatan ajang sepak bola usia muda paling ber­gengsi di dunia.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan pada Selasa (10/3) menyata­kan pihaknya masih menan­tikan kedatangan delegasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), untuk finalisasi pe­nentuan enam kota atau venue tuan rumah.

Menurut M. Iriawan, awalnya, delegasi FIFA berencana ke Tanah Air pad 10-11 Maret. Namun, karena wabah global virus Co­rona atau Covid-19, perwakilan induk sepak bola dunia itu menunda kedatangan menjadi 20-22 Maret 2020, mendatang. Hal tersebut, membuat persiapan Indonesia dalam menyambut Piala Dunia U-20 belum mene­mui titik terang.

Padahal sebelumnya, Mocha­mad Iriawan menargetkan seluruh venue yang nantinya akan menjadi tempat penyelen­ggaraan Piala Dunia U-20 2021 selesai pada akhir tahun 2020. Namun, jika belum ada kepas­tian venue mana yang bakal menjadi tempat perhelatan Pi­ala Dunia U-20. Tentunya, belum ada langkah yang dilakukan pemeintah daerah (pemda) untuk melakukan renovasi atau revitalisasai stadion.

”Karena pembangunan, renovasi maupun revitalisasi stadion harus segera dilaku­kan oleh Kementerian Peker­jaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Iriawan di Kantor Kemenpora, Selasa (10/03) kemarin.

Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Ditjen Cipta Karya Kemene­terian PUPR, Iwan Sprijianto pada pertengahan Februari lalu, mengatakan bahwa pi­haknya belum mengalokasi­kan anggaran untuk reno­vasi venue pertandingan Pi­ala Dunia U-20 itu.

Menurutnya, alokasi ang­garan APBN 2020 telah dike­tok palu oleh DPR sejak Ok­tober 2019 dan belum ada penunjukan kota penyeleng­gara oleh PSSI. “Jadi untuk penanganannya PUPR belum bisa mengalokasikan angga­ran karena kota yang ditunjuk belum fix,” jelasnya.

“Jadi tugas PUPR itu memas­tikan venue yang dipilih me­menuhi persyaratan FIFA. Kami mamastikan dari sisi persyaratannya. Kalau menge­nai anggaran kami belum bisa memastikan,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan