Varian Baru Virus Corona Mulai Menyebar

LONDON – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan kepada negara-negara dunia, khususnya negara mitranya di Eropa untuk meningkatkan tindakan pencegahan melawan virus corona terkait temuan varian baru di Inggris.

Berdasarkan catatan WHO, sejauh ini ada 11 kasus virus corona varian baru di luar Inggris, sembilan berada di Denmark, satu di Belanda, dan satu lagi di Australia.

“Di seluruh Eropa, di mana penularannya intensisf dan meluas, negara-negara perlu melipatgandakan pengawasan dan pencegahan,” kata juru bicara WHO untuk Eropa, dikutip dari AFP, Senin (21/12).

Badan PBB itu juga mendesak anggotanya di seluruh dunia, untuk lebih meningkatkan penelitian terhadap virus SARS-CoV-2. “Jika memungkinkan serta berbagi data, khususnya jika menemukan mutasi,” ujarnya.

Menurut temuan WHO, tanda-tanda awal menunjukkan varian baru ini bisa menular lebih mudah. “Informasi awal varian tersebut dapat memengaruhi kinerja beberapa diagnostik (tes),” bunyi pernyataan.

Namun sejauh ini, belum ditemukan bukti bahwa orang yang terinfeksi varian baru virus corona mengalami penyakit lebih parah. “Ini juga sedang diselidiki,” ujar pernyataan.

Pekan lalu, Eropa menjadi kawasan pertama di dunia yang angka kematian akibat Covid-19 menembus 500.000 orang sejak pandemi. Secara total, virus corona telah merenggut lebih dari 1,6 juta nyawa di seluruh dunia.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock menyatakan, tidak bisa menjamin akan sampai kapan pembatasan sosial COVID-19 akan berlangsung di Inggris. Menyusul munculnya varian baru COVID-19 di Inggris yang disebut lebih ganas karena 70 persen menyebar dengan lebih cepat.

“Melihat seberapa cepat varian baru COVID-19 ini menyebar, akan sangat sulit untuk mengendalikannya hingga vaksinasi beres,” ujar Matt Hancock, dikutip dari kantor berita Reuters.

Beberapa negara Eropa pada Minggu (20/12/2020) juga menghentikan semua penerbangan dari Inggris setelah varian baru virus corona di negara itu menyebar di luar kendali.

Hal itu sebagai respon atas beredarnya varian baru COVID-19. Adapun penutupan tersebut tidak terbatas pada pendatang yang datang lewat jalur udara saja, tetapi juga yang datang lewat jalur darat seperti kereta.

Salah satu negara yakni Italia akan menghentikan dulu penerbangan dari Inggris untuk memastikan virus baru itu tidak masuk. Selain itu, pendatang manapun yang dua pekan terakhir melakukan perjalanan ke Inggris juga akan ditolak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan