Valentino Rossi Siapkan Eksperimen Baru

ANDALUSIA-Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, berniat melakukan eskperimen baru pada seri balap MotoGP Andalusia 2020.

Valentino Rossi akan menjalani seri balap kedua MotoGP Andalusia 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 24-26 Juli.

Hasil positif menjadi target yang dipasang Valentino Rossi di MotoGP Andalusia 2020, lebih-lebih karena dia gagal mendulang poin pada balapan sebelumnya.

Pada seri pembuka MotoGP Spanyol 2020 (19/7/2020), Rossi harus rela gagal finis karena masalah teknis dengan motor balapnya.

Masalah teknis bukan satu-satunya kendala yang dialami Rossi. Gampang ausnya ban belakang juga turut memperlambat penampilannya.

Rossi sudah berusaha mengakalinya dengan memasang ban keras (hard) yang lebih tahan lama. Sialnya, keputusan itu tidak banyak membantunya.

“Bagi saya, masalahnya adalah kami tidak bisa membuat ban bekerja dengan baik karena beberapa alasan,” kata Rossi, dilansir dari BolaSport.com, Rabu (22/7).

“Banyak permasalahan terjadi, terutama dengan ban belakang, semua pembalap menggunakan ban lunak (soft).”

“Masalahnya ketika semua pembalap memulai dengan ban lunak, dan Anda menggunakan yang keras atau sedang, Anda sudah mengalami kerugian yang besar,” tambahnya.

Sebagai informasi, semakin keras kompon ban maka semakin kecil pula daya cengkeramnya (grip) terhadap aspal meski di satu sisi lebih awat.

Padalah, grip diperlukan pembalap agar percaya diri membawa motor balap mereka ke kecepatan tertinggi.

Rossi berencana melakukan eksperimen dengan ban lunak pada MotoGP Andalusia 2020.

“Masalah saya datang dari bagian belakang. Menghadapi pekan depan, kita harus melakukan banyak perubahan,” kata pembalap berjuluk The Doctor itu lagi.

“Kami harus coba sesuatu yang lain karena masalahnya sering terjadi sepanjang akhir pekan dan balapan dan saat ini kami tidak bisa memperbaikinya,” tutupnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan