UTama Tembus Ranking ke-57 Kampus Terbaik se-Indonesia

BANDUNG-Universitas Widyatama (UTama) Kota Bandung berhasil menduduki ranking ke-57 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi Kemeristekdikti pada 2020 tahun ini. Padahal, di tahun sebelumnya (2019) kampus yang terletak di Jalan Cikutra itu masih berada di posisi 95.

Rektor UTama Prof Dr H Obsatar Sinaga mengatakan, ada beberapa strategi yang dilakukan pihaknya dalam meraih capaian tersebut. Salah satunya dia menyebut, dengan meningkatkan jumlah publikasi jurnal internasional terindek ke Scopus oleh para dosen.

“Kami ada sekitar 276 dosen dan 916 artikel yang dibuplikasikan di jurnal internasional itu,” ujar Obsatar Sinaga, yang akrab disapa-prof Obi itu, Kami (20/8).

Dijelaskan, dalam penulisan jurnal terindek Scopus, para dosen Universitas Widyatama berkolaborasi dengan para dosen dari kampus mancanegara, yang telah menjalin MoU.

Di antaranya,  dengan Universitas Putra Malaysia, University Malaya of Wales, San Francisco State University (Amerika Serikat), University of Oxford (Inggris), National University of Singapore dan lainnya.

Di samping itu, lanjut dia, pihak UTama membantu dan mengajak kerjasama dengan banyak kampus yang ada di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV dan lainnya. Terkhusus, dalam penerbitan jurnal internasional para dosen. Di antaranya menlajin kerja sama dengan Universitas Esa Unggul, Universitas Buana Perjuangan Karawang, dan lain-lain.

Sementara itu, Ketua LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten Prof Dr Uman Suherman, mengapresiasi terhadap prestasi yang diraih pihak UTama.

“Dengan cara seperti itu, saya mengucapkan selamat atas upaya dan keberhasilan UTama yang mampu menembus dan meningkatkan visi Widyatama satu tahun sebelumnya,” kata Prof Uman, Kamis (20/8).

“Sebagai Ketua LLDIKTI Wilayah IV, saya sangat bangga atas pencapaian prestasi UTama ini. Karena prestasi Widyatama diraih bukan semata memikirkan kemajuan Widyatama sendiri tetapi juga mengajak kampus lainnya. Senantiasa memberikan bantuan dan dukungan untuk perguruan tinggi yang lain. Yang pada akhirnya Widyatama bisa meningkat prestasinya,” imbuhnya.

Ia pun berharap, agar pihak UTama lantas tidak cukup merasa puas dengan capaian tersebut. Sebab kata dia, UTama memiliki potensi untuk lebih ditingkatkan lagi.

“Kami pun bersyukur apa yang didapatkan oleh Widyatama pada hari ini juga atas kehendak Allah SWT, karena saya tahu orang-orang di Widyatama itu orangnya religius,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan