UMKM Jabar Ambil Bagian pada Pameran Produk Bertaraf Internasional di Istanbul-Turki     

BANDUNG – Sebanyak lima pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Jawa Barat ikut ambil bagian dalam pameran Internasional MUSIAD Expo 2020 ke-18 pada 18-21 November 2020 di Istanbul Turki.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK)  Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji menyebutkan, total UMKM Indonesia ada 29 kegiatan. Dan kegiatan telah berlangsung pada 18-21 November 2020.

Menurutnya, lewat pameran dagang dan Forum Bisnis Internasional dapat menyatukan para pelaku bisnis dari seluruh dunia.

’’Jadi kita harapkan pelaku UMKM Jabar juga dapat menjajaki pasar Turki dan kawasan negara timur tengah sekitarnya,’’kata Kusmana kepada Jabar Ekspres, Selasa, ( 1/12).

Dia menuturkan, selain memperkenalkan produk lokal Indonesia kepada pengunjung pameran, para pengusaha Indonesia juga menargetkan usaha mereka dapat ekspansi secara global melalui lingkaran pengusaha Turki.

’’Berbagai produk seperti makanan olahan, pertanian, kosmetik, craft, fashion dan konsultan Pendidikan tampil dalam pameran ini,’’ucap dia.

Kusmana mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas KUK Provinsi Jawa Barat dengan Konjen RI Istanbul yang mendorong produk UMKM Indonesia khususnya Jawa Barat bisa masuk ke pasar Turki.

“Kita sudah menggelar tiga kali pertemuan secara virtual bahkan akhir Agustus 2020 kita sempat menggelar penjajakan pasar Turki menghadirkan peserta 50 UMKM Juara dan pengusaha Turki secara virtual,’’ujar dia.

’’Responnya cukup baik dan kita pun melaksanakan pertemuan Kembali untuk menjajagi pasar Turki yakni lewat Musiad Expo ini,” tambah pria yang akrab disapa Tutus itu.

Untuk Musiad Expo 2020 pelaku UMKM Jabar oleh pihak Konjen RI Istanbul Turki difasilitasi stand pameran secara gratis. Sedangkan untuk transportasi dari Indonesia ke Turki PP dan Business Matching  difasilitasi Bank BJB dan Dinas KUK Jabar.

’’Semoga ini menjadi berkah bagi UMKM Jabar ditengah Pandemi Covid bisa berpameran di Turki,’’ ucap Tutus.

Selain mengajak para pelaku usaha dari Tanah Air, KJRI Istanbul juga melibatkan pelaku-pelaku usaha diaspora Indonesia di Turki, di antaranya Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Turki, perwakilan Dinas Koperasi & Usaha Kecil Jabar dan Kelompok Eksportir Muda Indonesia (KEMI) Turki untuk bergabung dalam pameran tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan