oleh

Trik Licik Perusahaan Industri Buang Limbah Saat Hujan Lebat untuk Kelabui Aparat

BANDUNG – Memasuki musim hujan kerap dimanfaatkan oleh oknum perusahaan industri dalam membuang limbah ke sungai. Modus tersebut dilakukan lantaran dalam kondisi hujan, air limbah akan menyatu dengan air hujan sehingga tidak diketahui oleh kasat mata.

Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berserta Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum akan terus mengawasi secara ketat.

Kepala Dinas DLH Jabar, Prima Mayaningtyas menuturkan, berkaitan dengan pengelolaan lingkungan di industri dan pemantauan, di dalamnya terdapat persyaratan yang harus dipatuhi.

“Ketika mengacu pada persyaratan, maka mereka harus mengelola lingkungan dari hasil produksi dengan baik. Kalau dia mengeluarkan air limbah, ya harus dikelola airnya dengan baik,” tegas Prima saat dihubungi Jabar Ekspes, Kamis (12/11).

“Pun sama halnya dengan udara, harus melakukan pengolahan dengan baik. Dan seluruh kegiatan yang berinfek kepada kompenen lingkungan yang ada di badan perairan (kalau untuk sungai) udara dan sebagainya,” imbuhnya

Prima menambahkan, sebetulnya pemerintah sangat membutuhkan komitmen dari pada industri untuk bisa mengolah dengan baik. Sehingga kegiatan industri tidak merusak lingkungan.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, program yang DLH lakukan berkaitan dengan pengendalian perusakan dan pencemaran lingkungan akibat kegiatan industri masih terus digalakkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.