TKA China Dilarang Mudik

CIMAHI – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cimahi menyarankan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China tidak melakukan mobilisasi ke luar negeri atau pulang kampung ke negara asalnya. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan Coronavirus (2019-nCoV).

Hal itu menjadi salah satu poin yang mengemuka dalam rapat pencegahan Coronavirus bersama Dinas Kesehatan dan perwakilan perusahaan yang mempekerjakan TKA asal China pekan lalu.

Berdasarkan data Disnaker Kota Cimahi, TKA asal China di Kota Cimahi mencapai 82 orang. Sebanyak 60 orang bekerja di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), sementara 22 orang tersebar di perusahaan lainnya.

Kepala Bidang Penempatan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P2TKT) pada Disnaker Kota Cimahi, Isnendi mengungkapkan, dalam rapat pekan lalu itu disampaikan informasi terkait kewaspadaan terhadap Coronavirus.

”Jadi para HRD dikasih cara-cara penanganan untuk bisa dihindari terkait penyebaran Coronavirus di Cimahi. Khususnya perusahaan yang ada TK asal China,” ungkapnya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (2/1).

Dalam rapat itu, disampaikan juga kepada perusahaan untuk melarang TKA asal China agar tidak melakukan mobilisasi ke negara asalnya selama enam bulan dan tidak mendatangkan TKA asal China untuk sementara waktu.

”Jadi TKA yang sudah ada jangan dulu bepergian selama 6 bulan,” tegas Isnendi.

Kalaupun ada TKA asal China yang datang, terang Isnendi, selama dua minggu dilarang untuk berinteraksi. Sebab, selama dua minggu itu merupakan masa inkubasi virus ke tubuh manusia.

”Virus akan mati selama 2 minggu. TKA jangan dulu berinterkasi. Disarankan seperti itu dan disarankan menggunakan masker,” sebutnya.

Rencananya, lanjut Isnendi, imbauan yang mengemuka dalam rapat itu akan dituangkan dalam surat, yang kemudian diedarkan kepada perusahaan yang mempekerjakan TKA asal China.

”Kalau kita sesuai hasil rapat, pertama kita bikin edaran. Nanti ada tindak lanjut dari perusahaan untuk melaporkan kondisi TKA. Kondisinya sehat atau sakit, mereka harus lapor,” tandasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini menyarankan, jika ada TKA asal China yang baru datang ke Kota Cimahi agar diisolasi terlebih dahulu untuk memastikan yang bersangkutan bebas dari Coronavirus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan