Tingkatkan SDM Melalui SMA Pradita Dirgantara

MARGAHAYU – TNI AU berkomitmen membantu pemerintah dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) agar semakin berkualitas. Komitmen TNI AU diimplementasikan dengan mendirikan SMA Pradita Dirgantara.

SMA Pradita Dirgantara yang didukung oleh TNI AU, Yayasan Ardhia Garini (Yasarini), dan Universitas 11 Maret, Solo itu didirikan di Jalan Cendrawasih No 4 Adi Sumarmo Airport Complez, Surakarta, Jawa Tengah.

Komandan Lanud Sulaeman, Kolonel Pnb Muhammad Nurdin menuturkan, didirikan SMA tersebut merupakan kepedulian para pimpinan TNI dan TNI AU untuk membentuk SDM yang berkualitas dan memiliki karakter dengan keinginan menjadikan SMA Pradita Dirgantara sebagai SMA Unggulan di Indonesia.

”Keberadaan SMA Pradita Dirgantara ini tidak hanya menuntut siswanya bagus dalam akademik saja tapi juga menuntuk siswanya dalam membentuk karakter,” kata Danlanud kepada wartawan di Lanud Sulaeman,  Senin (20/1).

Menurutnya, pendidikan dan pembentukan karakter memang ditekankan karena menjadi salah satu kewajiban SMA Pradita Dirgantara dalam proses pendidikannya. Oleh sebab itu, SMA Pradita Dirgantara membuka kesempatan bagi putra putri banhsa di seluruh Indonesia untuk bergabung menimba ilmu tanpa dipungut biaya apapun.

”Karena peminatnya banyak, maka untuk bisa bersekolah di sana harus mengikuti berbagai tahapan seleksi. Pembiayaan gratis karena mendapat beasiswa dari yayasan,”jelasnya.

Danlanud sendiri sudah melakukan sosialisasi ke bernagai sekolah  SMP di Kabupaten Bandung untuk mengajak bergabung ke SMA Pradita Dirgantara. ”Saya yakin banyak siswa di Kabupaten Bandung yang memiliki potensi bagus baik di bidang akademis. Makanya kami menawarkan untuk bergabung,”akunya.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan, sosialisasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung sekolah-sekolah SMP dengan menjabarkan secara terperinci kelebihan dan keunggulan dari SMA Pradita Dirgantara.

”Sosialisasi juga kami lakukan dari mulut ke mulut melakui personel TNI AU Lanud Suleaman. Harapannya agar personel ikut mensosialisasikan SMA tersebut ke sanak saudara dan lingkungan tempat tinggalnya,” kata dia.

Dirinya mengkalim, SMA Pradita Dirgantara memiliki berbagai kelebihan di bidang teknologi. Pasalnya, TNI AU sendiri sarat dengan teknologi. Terlebih teknologi dalam hal persenjataan dan alut sista. Selain itu, juga memiliki banyak sarana dan prasarana modern yang sejalan dengan era digital. Sehingga, siswa yang menimba ilmu di SMA tersebut selain akan menjadi lulusan yang memiliki karakter kuat, juga memiliki pengetahuan luas di bidang teknologi. Terutama di teknologi persenjataan dan alut sista.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan