Timnas Lakukan Pemusatan Latihan

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta pelatih timnas Shin Tae-yong membawa sekaligus timnas senior dan U-19 ke Negeri Ginseng, jika nanti dijadwalkan ada pemusatan latihan di Korea Selatan.

”Saya meminta, kalau memang berangkat ke Korea, kedua timnas berangkat agar Shin Tae-yong bisa melatih semuanya,” kata Iriawan di Jakarta, Rabu (29/7).

Shin Tae-yong awalnya disebut hanya ingin membawa timnas U-19 ke Korea Selatan untuk berlatih dan beruji coba setelah TC di Jakarta berakhir. Timnas U-19 ini disiapkan untuk mengikuti Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020 dan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

PSSI menilai timnas senior harus diikutkan, karena mulai Oktober 2020 akan menjalani tiga laga terakhir di Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Yaitu, menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, menjamu Uni Emirat Arab dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang.

PSSI menargetkan timnas Indonesia mendapatkan hasil maksimal di tiga laga tersebut untuk mendongkrak peringkat FIFA. ”Kami meminta Shin jangan meninggalkan timnas senior. Fokusnya memang untuk Piala Dunia U-20, tetapi rakyat Indonesia menginginkan agar timnas senior membawa hasil maksimal dari tiga laga terakhir. Lagipula, Shin Tae-yong memang didatangkan untuk melatih tiga timnas yaitu senior, U-23 dan U-19,” tutur Iriawan.

Dengan pertimbangan itu, pihaknya meminta Shin Tae-yong menyusun kembali programnya. Sebab, PSSI akan mendapatkan laporan dari Shin, termasuk keputusannya soal TC ke Korea Selatan, pada Senin (3/8) mendatang.

Sementara terkait alasan Shin Tae-yong mau membawa skuadnya ke Korea Selatan, Mochamad Iriawan menyebut karena juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menyadari sulit mendatangkan lawan untuk uji coba internasional ke Indonesia, di tengah pandemi Covid-19.

Jika di Korea, timnas lebih mudah mendapatkan lawan karena di sana liga sudah bergulir dan kualitas klub sangat baik. ”Shin menyampaikan ada empat sampai lima lawan yang bisa dihadapi oleh timnas. Jadi bukan hanya bertanding saja, tetapi juga atmosfer pertandingan untuk mengincar kemenangan,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan