Timnas Batal TC ke Turki

JAKARTA– Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan tim nasional Indonesia U-19 melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Kroasia hingga akhir bulan ini. Kepastian ini setelah Garuda Muda batal melanjutkan TC ke Turki.

Timnas U-19 sudah melakukan TC di Kroasia sejak 30 Agustus 2020. Selain menjalani TC, David Maulana dan kawan-kawan juga menjalani serangkaian laga uji coba internasional.

”PSSI memutuskan Timnas U-19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Mereka tidak jadi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba. Kami sudah mempersiapkan lawan-lawan uji coba yang berkualitas untuk timnas U-19 selama bulan Oktober ini di Kroasia,” kata Mochamad Iriawan.

Pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut menambahkan bahwa ia selalu memantau perkembangan timnas U-19 setiap harinya. Ia juga mengapresiasi perkembangan positif anak asuh pelatih Shin Tae-yong.

”Saya senang pemain terus meningkat kemampuannya dan berproses dengan baik. PSSI akan terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi torehan hasil yang maksimal timnas U-19,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini Garuda Muda sudah menjalani tujuh laga uji coba di Kroasia melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), dan Dinamo Zagreb (1-0).

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Selain Garuda Muda, Tim Nasional Indonesia U-16 terus melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi. Rencananya, tim ini akan mengakhiri TC bulan Septembernya di tanggal 4 Oktober 2020.

Skuat asuhan pelatih Bima Sakti Tukiman ini selalu memulai latihan sejak pukul 07.00 WIB dengan terus fokus pada penerapan taktik dalam internal game.

Usai menyelesaikan internal game, Bima menegaskan timnas U-16 kini sudah menunjukkan progres signifikan menyangkut fisik dan pemahaman taktik yang terlihat jauh lebih baik dari pemusatan latihan sebelumnya.

”Yang pasti progres banyak. Hubungan antar pemain sudah terjalin bagus, fisik mereka juga semakin meningkat dan yang pasti pemahaman taktik yang kita sudah berikan selama ini, sudah bisa mereka terapkan dalam latihan maupun dalam pertandingan,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan